STUDI TELAAH REKAYASA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI UNTUK MENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN BIDANG OPERATIONAL CONTROL KASUS PADA PERUSAHAAN "X"

ATMA HAYAT, 048943004 (1996) STUDI TELAAH REKAYASA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI UNTUK MENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN BIDANG OPERATIONAL CONTROL KASUS PADA PERUSAHAAN "X". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 2147-96.Hay s-EDT.pdf

Download (523kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Era globalisasi pada akhir abadke-20 ini ditandai oleh semakin pesatnya perkembangan bidang teknologi dan informasi. Kebutuhan terhadap inforroasi bagi setiap perusahaan khusUBnya, rnenjadi semakin diraBakan perannya didalam rnendukung berbagai li:eputuBan b1snis agar miB1 dan tuju8.n perusahaan dapat dicapa1 BeBua1 dengan rencana yang telah digariBkan. SOBok infbrmaBi merupakan salah satu 6umber daya Y8.rIg h~u'us d1kelola, karerla inforroasi IYleli'IP1)J1Yai potensi untuk roefnberikan anal1sa dan irlterpretaBi serta pred1ksi d1maBa yang akan datang berkenaan dengan s1tuaBi ketidakpastiarl. Semua keputusan b1sn1s yang dibuat oleh para pengambil keputuBan akan didaBarkan pada informaBi yailg l:'elevan, akur,~t dan ef1s1en. Penyedif;l.an 1nform8.si yang bel:'kualitaB 1:n1 merupakarl tugas dari SUr~tu Bistem irlformasi u.ntuk filengolah dan roenyaj 1kamwa. Masalr~h yang t1robul dalaro penyediaan inforroasi, lJ.muranya terkait dengan };:urangnya tersedia informr~Bi yang relevan dan banyaknya terBedia 1nforroaBi yaelg kurang relevan Berta lIurang efektifnya fUngB1 koord1naBi dalaro pengkommlikasian laporan. MaBa.lah 1n1 d1rasaka.n pula oleh perusahaan "X" terutama dalaro hal pelakBanaan operat1o:nal control dal:'i aBpek keuangan yang beluroberjalan efektif dan ef1siel:1 karena para pengarob1l keputuBan kurang mempel:'oleh penyed1aan 1nforroas1 yang relevan terhadap kepl}.tusan yang dlbuatr1}1a. Salah Batu sarana yang berfungs1 mengolah dan mentransformas1kan data menjad1 inforrnaBi relevan, akurat dan efisien adal.5th sistem inforlflaBi .~.kuntansi (SIA). Slstero informasi akuntanBi merupakan Sub-BiBtem dari BiBtem infol·r(I.~si manajemen (31M) yang baBiB pengolahan inform8.Binya did.StBar}Ian pada data aki.mtf;l.nsi dengan berorientaBi kepada pemenuhan kebutuhan informasi para pengb.mbil keputusan. Untuk mengataBi permaBalahan yang dihadapi oleh perusahb.b.n "X", pih.Stk man8.jemen menerapkan suatu rekayaBa sistem informaBi akuntansi yang. dapat mendukung pengamb1lan keputuBan, khuBUsnya b1dang operational control .dari aspek keuangan. Rekayasa SlA ini ditinjau dari 8egi output (keluaran) suatu 8iBtem. yang didaBarkan pada has11 evaluaBi kerangka teoriti8 dihubungkan dengan kondiBi perusahaan terhadap parameter-parameter relevan dan berpengaruh dalam ancangan SlA. Ancangan ini dimaksudkan agar dapat menyajikan laporan-laporan yang memberikan informasi relevan bagi pengamb11an keputusan khususnya bidang operational control dar1 aspek keuangan padf;l. perusb.haan "X", yf;l.:ng meliputi keputuBan di b1d,~ng pengendalian kas, keputusan di bidang pengendal1an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 2147/96 Hay s
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ATMA HAYAT, 048943004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantPARWOTO WIGNJOHARTOJO,, Drs., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 21 Dec 2016 21:49
Last Modified: 21 Dec 2016 21:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49822
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item