TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA ATAS PERUBAHAN SISTEM LAYANAN DI PERPUSTAKAAN RUJUKAN PENDIDIKAN FISIP UNAIR (Studi Deskriptif Tentang Perubahan Sistem Layanan Terbuka ke Sistem Tertutup di Perpustakaan Rujukan Pendidikan F1SIP-UNAIR)

SRI ENDAH WILUDJENG, 079911002 T (2002) TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA ATAS PERUBAHAN SISTEM LAYANAN DI PERPUSTAKAAN RUJUKAN PENDIDIKAN FISIP UNAIR (Studi Deskriptif Tentang Perubahan Sistem Layanan Terbuka ke Sistem Tertutup di Perpustakaan Rujukan Pendidikan F1SIP-UNAIR). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, Surabaya. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Tp 31-02.Wil t.pdf

Download (190kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Melihat pentingnya usaha untuk meningkatkan kualitas layanan terutama dalam hal kepuasan pengguna maka penulis tertank untuk meneliti dan mengambil Judul "Tingkat Kepuasan Pengguna Atas Perubahan Sistem Layanan di Perpustakaan Rujukan Pendidikan FlSfP-UNAfR" ( Studi Deskriptif Tentang Perubahan Sistem Layanan Tertutup di Perpustakaan Rujukan Pendidikan FlSIPUNAIR ). Adapun tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana tingkat kepuasan pengguna atas perubahan sistem layanan dari Terbuka ke Tertutup di Perpustakaan Rujukan Pendidikan FlSIP-UNAIR. Penelitian ini adalah penelitian desknptif dengan populasi pengguna sistem layanan. Populasi yang menjadi sampel penelitian ini diambil berdasarkan Metode Non Random Sampling dengan Purposive Sampling yakni pengguna yang berada dalam lokasi perpustakaan dan berdasarkan pengamatan dan pengalaman sebelumnya pemah menggunakan atau merasakan dan Sistem Terbuka ke Tertutup. Pengumpulan data dilakukan melalui serangkaian teknik atau metode observasi, metode kuisioner ( angket ), metode interview, studi pustaka. Selanjutnya data-data yang terkumpul di seleksi untuk dianalisis agar dapat dengan mudah dipahami dengan metode deskriptif-kualitatif, dan hasil temuan dan analisis data diketahui bahwa meski secara umum yakni berdasarkan intensitas dan kuantitas dalam pemanfaatan jasa layanan dari Terbuka ke Tertutup dalam seminggu yaitu pada sistem terbuka hanya tertinggi 34 % dengan kategon 2-3, sedangkan untuk sistem tertutup 38 % dengan kategori 4-5 kali dalam seminggu. Dalam pemanfaatan jasa layanan responden menggunakan dengan berbagai keperluan akademis ( belajar dan menge~iakan tugas kuliah , mengerjakan tugas akhir atau skripsi, sekedar membaca koleksi perpustakaan, mengerjakan bahan penelitian ) serta manfaat yang diperoJeh dengan responden, dengan perubahan sistem itu adalah pengguna makin mudah mendapatkan koleksi karena dilengkapi dengan katalog penelusuran secara manual atau komputer serta pelayanan dan pustakawan juga cepat, tepat dan mudah, dan selain kecepatan pelayanan juga diperlukan tentang keramahan dalam pelayanan. Kondisi dan kualitas pelayanan pada perpustakaan Rujukan Pendidikan FISIP-UNAIR harus ada perbaikan, untuk fasilitas fisikpun pasti memerlukan kemungkinan dan jumlah serta vanasi atau keragaman jenis koleksi masih kurang. Untuk meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan, hal yang perlu diperhatikan oleh pihak perpustakaan adalah kualitas koleksi, kualitas petugas, fasilitas yang memadai.

Item Type: Other
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: CUSTOMER BEHAVIOR, LIBRARIES
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Teknisi Perpustakaan (D3)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SRI ENDAH WILUDJENG, 079911002 TUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorKOKO SRIMULYO, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Dec 2016 22:53
Last Modified: 21 Dec 2016 22:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49845
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item