SANTET SEBAGAI SALAH SATU FAKTOR PENYEBAB PEMBUNUHAN MASAL (SUATU STUDI YURIDIS - KRIMINOLOGIS BERDASARKAN DATA DI KABUPATEN BANYUWANGI)

DIAH ERNA WILIS, 039514210 (1999) SANTET SEBAGAI SALAH SATU FAKTOR PENYEBAB PEMBUNUHAN MASAL (SUATU STUDI YURIDIS - KRIMINOLOGIS BERDASARKAN DATA DI KABUPATEN BANYUWANGI). Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Pid 14-99.Wil s.pdf

Download (693kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Isu santel seling kall menjadi faktor kriminogen terhadap timbulnya pembunuhan karena akibat yang ditimbulkan oleh santet dirasa sangat menakutkan dan mengancam jiwa masyarakat sekitarnya. tetapl karena tldak adanya buktl-buktl yang diperoleh untuk mengajukan seorang Dukun Santet kedepan pengadilan ma.ka reaksi masyarakat adalah main hakim sendin dengan cara membunuh orang-orang yang diduga sebagal Dukun Sante!. Hal tersebut juga dijadikan kedok untuk melakukan pembunuhan terhadap orang yang bukan dukun santel. Motlvasi pembunuhan itu blasanya karena adanya dendam prlbadl. memanfaatkan keadaan untuk mengambil keuntungan dan Juga hal yang sifatnya politis. Pandangan knminologi dalam mengkaJi permasalahan Itu dapat menggunakan pendekatan-pendekatan kriminologls yaltu tear! labeling, pendekatan sobural, pendekatan kontrol sosial dan pendekatan anomi. Pemberian cap atau label kepada orang yang dlduga sebaga! dukun santet member/kan alasan mengapa orang tersebut lebih diperhatikan tingkah lakunya. sehingga apablla terjadl sesuatu yang menyangkut santet maka dia yang akan dlduga sebagal tersangka utama. Faktor itu dapat Juga diketahul dengan tingkah laku sosialnya yang tldak sesuai dengan norma yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK Pid 14/99 Wil s (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Pidana
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DIAH ERNA WILIS, 039514210UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMADE DARMA WEDA, SH., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 22 Dec 2016 01:33
Last Modified: 22 Dec 2016 01:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item