PENGARUH MANAJEMEN LABA AKRUAL DAN AKTIVITAS RIIL TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

VITARANI HAPSARI RUSETYA, 040913229 (2013) PENGARUH MANAJEMEN LABA AKRUAL DAN AKTIVITAS RIIL TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
download.php_id=gdlhub-gdl-s1-2013-rusetyavit-24426&no=5

Download (1kB)
[img] Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 A.113-13 Rus p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada pengaruh manajemen laba akrual dan aktvitas riil terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSRID) baik secara langsung maupun tidak melalui kinerja keuangan perusahaan. Manajemen laba akrual diindikasikan dengan akrual diskresioner model Khotari et al. (2005) dan agresivitas laba. Sedangkan manajemen laba aktivitas riil menggunakan model dari Roychowdury (2006). CSRID diukur dengan menggunakan indeks pendekatan model Sembiring (2005). ROA digunakan sebagai proksi kinerja keuangan perusahaan. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur Bursa Efek Indonesia peridoe 2011 dengan metode pengampilan sampel secara purposiv sehingga didapatkan sampel sebanyak 136 perusahaan.Pengujian hipotesis menggunakan software SPSS (Statistical Package for Social Science) version 19.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen laba akrual dan aktivitas riil berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Manajemen laba akrual, manajemen laba aktivitas riil, dan kinerja perusahaan tidak berpengaruh terhadap CSRID. Kinerja keuangan tidak bisa memediasi pengaruh manajemen laba baik secara akrual maupun melalui aktivitas riil terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa perusahaan-perusahaan manufaktur tidak menggunakan CSR sebagai cara untuk mengurangi perlawanan stakeholder atas tindakan manajemen laba yang dilakukan perusahaan, dengan demikian stakeholder tidak perlu khawatir akan tingkat pengungkapan CSR perusahaan yang tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.113/13 Rus p
Uncontrolled Keywords: manajemen laba akrual, manajemen laba aktivitas riil, kinerja keuangan, corporate social responsibilty.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
VITARANI HAPSARI RUSETYA, 040913229UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
EditorZaenal Fanani, Dr., SE., MSA., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 21 May 2013 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 06:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/499
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item