AKTIVITAS ANTIMIKROBA INFUSA HERBA PUTRI MALU (Mimosa pudica Linn.) TERHADAP Staphylococcus aureus, Escherichia coli dan Candida albicans

NENY NURMIWATI ROSITA, 059812026 (2003) AKTIVITAS ANTIMIKROBA INFUSA HERBA PUTRI MALU (Mimosa pudica Linn.) TERHADAP Staphylococcus aureus, Escherichia coli dan Candida albicans. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk FF 28-03 ROS A.pdf

Download (568kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit infeksi oleh bakteri dan jamur masih merupakan masalah yang sulit diatasi di banyak negara berkembang termasuk Indonesia. Pengobatan infeksi menggunakan antibiotik hingga saat ini sering menimbulkan kesulitan karena harga yang relatif mahal dan kemungkinan terjadi efek samping yang serius. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk mencari sumber obat baru terutama untuk infeksi yang berasal dari alam berupa tanaman tradisional yang secara empirik telah digunakan untuk pengobatan. Upaya pemanfaatan bahan-bahan alam sebagai obat semakin berkembang, karena di samping aman dan memiliki efek samping relatif kecil, juga didukung oleh kenyataan bahwa : (1) obat yang berasal dari tanaman sudah mulai digunakan dalam ilmu kedokteran moderen; (2) Indonesia kaya akan tumbuh-tumbuhan yang secara empirik dapat digunakan untuk pengobatan misalnya untuk pengobatan karena infeksi bakteri danjamur; serta (3) adanya kebangkitan minat untuk menggunakan bahan tanaman sebagai obat di berbagai negara akhir-akhir ini atau yang dikenal dengan istilah Back to nature. Herba putri malu (Mimosa pudica Linn.) merupakan salah satu tanaman suku Mimosaceae yang secara empirik digunakan untuk pengobatan infeksi saluran pernafasan, diare, dan infeksi kulit yang dapat disebabkan oleh infeksi bakteri dan jamur. Berturut-turut bakteri dan jamur penyebab infeksi tersebut adalah bakteri Staphylococcus aureus, Escherichia coli dan jamur Candida albicans. Permasalahan yang timbul adalah apakah efek antiinfeksi tersebut disebabkan oleh kemampuan putri malu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, Escherichia coli dan jamur Candida albicans. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian tentang uj i aktivitas antimikroba herba putri malu terhadap bakteri Staphylococcus aureus, Escherichia coli dan jamur Candida albicans. Berdasarkan hal tersebut di atas, tujuan penelitian ini adalah menentukan aktivitas antimikroba infusa herba putri malu terhadap Staphylococcus aureus, Escherichia coli dan Candida albicans. Untuk mengetahui aktivitas tersebut dilakukan penentuan Kadar Hambat Minimal (KHM) infusa herba putri malu terhadap Staphylococcus aureus, Escherichia coli, dan Candida albicans menggunakan metode pengenceran agar (Agar Dillution Method). Setiap konsentrasi infusa yang diuji dicampur dengan media agar, yang telah diinokulasi dengan mikroba uji, dalamjumlah sarna banyak (1:1) sehingga diperoleh sediaan infusa dengan konsentrasi setengahnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FF 28/03 Ros a (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: MIKRBA INFUSA; MIMOSA PUDICA LINN
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsEmail
NENY NURMIWATI ROSITA, 059812026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHj. ISNAENI, Dr. MSUNSPECIFIED
ContributorABDUL RAHMAN, Drs. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 26 Dec 2016 18:18
Last Modified: 14 Jun 2017 17:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49978
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item