PROFIL PERGERAKAN PEREMPUAN KEBANGKlTAN BANGSA (PPKB) DI SIDOARJO (Studi terhadap Potensl PPKB dalam Mendukung Program Pemenangan Pemilu 2004 Bagi PKB)

RIFDAH ZAIRINA, 079715106 (2004) PROFIL PERGERAKAN PEREMPUAN KEBANGKlTAN BANGSA (PPKB) DI SIDOARJO (Studi terhadap Potensl PPKB dalam Mendukung Program Pemenangan Pemilu 2004 Bagi PKB). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS P 11-04 ZAI P 079715106.pdf

Download (379kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

lVIenjelang pelaksanaan Pemilu 2004 yang akan datang, PKB ingin membuktikan diri sebagai partai pelopor tegaknya panji refomasi dan dapat mengimplementasikan manifesto partai yang advokatif serta berpihak pada kepentingan yang bersifat populis. Kesuksesan pemilu bagi PKB, kecuali ditandai dengan keberhasilan perolehan suara, juga meningkatnya kualitss pelaksanaan pemilu, meningkatnya kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga negara, meningkatnya fungsi dan peran infrastruktur sosial politik, infrastruktur sosial kemasyarakatan serta meningkatnya citra dan posisi PKB untuk tetap mempertahankan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. . Untuk mencapai kemenangan yang signifikan dalam pemilu 2004 nanti, PKB Kabupaten Sidoarjo melakukan strategi dan usaha yang maksimal, antara lain dengan menggerakkan banomnya pada segmen perempuan, yaitu Pergerakan Perempuan Kebangkitan Bangsa (PPKB). Hal ini menjadi salah satu program unggulan partai karena seeara kuantitas jumlah penduduk perempuan di Sidoarjo lebih besar daripada jumlah penduduk laki-Iaki. Oi samping itu, kantong-kantong massa PKB yang terdiri dari angggota Muslima!. Fatayat dan IPPNU di Kabupaten Sidoarjo sangatlah besar jumlahnya. Oleh karena itu. peran PPKB sebagai kepanjangan tangan dari PKB dalam melaksanakan programprogramnya menjadi sangat penting. Dengan adanya PPK6, diharapkan perolehan suara dalam pemilu nanti semakin meningkat dan target PKB untuk meraih 23 kursi di DPRD Kabupaten Sidoarjo dapat terwujud. Oalam mendukung program pemenangan pemilu 2004 bagi PKB, khususnya meneari dukungan dari segmen perempuan, banyak kendala yang dihadapi oleh PPKB. Kendala-kendala tersebut dikategorikan dalam tiga hal, Pertama, kendala kultural yang berkaitan dengan interpretasi agama, nilai-nilai budaya dan tradisi yang IT'emandang tabu mengenai keterlibatan perempuan dalam politik. Kedua, kenda\a struktural yang berkaitan dengan slstem dan struktur pemerintahan yang banyak didominasi oleh kaum laki-Iaki serta menomorduakan kaum perempuan dalam jabatan-jabatan strategis, baik di lembaga legislatif, eksekutif, maupun yudikatif. Yang ketiga adalah kendala sosial ekonomi, di mana terlihat adanya dilematis peran ganda perempuan. antara sebagai ibu rumah tangga dan sebagai wanita karir. Oi samping itu, kemiskinan biasanya identik dengan wajah perempuan. Ketiga kendala tersebut sangat berpengaruh terhadap lancarnya strategi l:an usaha yang dilakukan PPKB dalam menggalang kaum perempuan, khususnya dalam rangka pemenangan pemilu 2004 bagi PKB. Sebagai organisasi pendukung partai politik, banyak manfaat yang didapatkan oleh PPKB. Oi samping adanya jatah dari partai untuk menjadi calon anggota legislatif, secara umun PPKB dapat berperan aktif dalam pemberdayaan kaum perempuan. OaJam hal ini secara aktif ?PKB dapat meJakukan pendidikan politik bagi masyarakat perempuan demi meningkatkan wawasan mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS P 11-04 Zai p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PERGERAKAN PEREMPUAN KEBANGKlTAN BANGSA; Pemilu
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIFDAH ZAIRINA, 079715106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWisnu Pramutanto, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Dec 2016 18:40
Last Modified: 14 Jun 2017 17:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49984
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item