PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (STUDI TENTANG PERANAN DAN DINAMIKA PPP DALAM KONSTELASI POLITIK INDONESIA TAHUN 1973-1999)

FENTIN ISTIFA'IYAH, 079414269 (2001) PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (STUDI TENTANG PERANAN DAN DINAMIKA PPP DALAM KONSTELASI POLITIK INDONESIA TAHUN 1973-1999). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS P 09-01 IST P 079414269.pdf

Download (307kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berbicara tenlang partai politik tidak bisa dilepaskan dati fungsi yang illmilikinya. Alllara lain sebagai jembalaH penghubuug aspirasi rakyat dengan proses pelllbuatan kepurusan. Partai lllenjalankan peran yang cukup penting, di mana peran khusus ini tidak dillliliki kelompok lain seperu kelompok kepentingan ataupun organisasi kemasY!lmkatan secara langsung. Dalalll perpolitikan Indonesia, pecan yang dimainkan partai politik tidak bisa illpandang sebelah mata. Namun, sayauguya selallla kurang !ebih 32 tahun di masa pemerintahan Orde Bam, di tengah kekuasaan negara yang yang menggnrita, perrol panai menjadi tidak menonjoL Yang terjadi malah menuju pada deparpolisasi yailu kooptasi negara teIhaclap parlai politik. Peran partai sanga! ditelltukan oleh "kemurallan hati" pengnasa. Setelah lellgsemya "illktatorial", sejarah perpolitikan Indonesia menemukall bentuk lain memasuki masa transisi. partai mulai menemukan kebebasannya kembali dan berkcscmparan menUlljukkan pengaJUhnya bagi perjalanan demokrasi di Indunesia. Hal Ini dialami juga aiel! PFP, salah salu kekuatan politik yang sudal! berumur 25 tallUn, dengan memakai kembali asas Islam dan lambang Ka'ball PPP berusalla menyamai prestasi tabul1 1977 dan 1982 pada pemilu 1999. Sebingga ia bisa memasukkan kademya tidak. hanya di legislatif tclapi juga di eksekutif dan yudikatif Kini, ~etelall pemerilltaban yang benar-belillf refonnis telbentuk, partai politik termasuk PPP diuji apakah bisa melaksanakan fungsi dan peran yang disandangnya dengan lebih baik atan tidak, baik sebagai partai polilik ill luar ataupun ill dalarn pemerintahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS P 09-01 Ist P (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN; KONSTELASI POLITIK
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
FENTIN ISTIFA'IYAH, 079414269UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Windyastuti B, Dra., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Dec 2016 19:33
Last Modified: 14 Jun 2017 18:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49999
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item