PENGARUH MILLIEU THERAPY METODE KREASI SENI MEMBUAT GELANG TERHADAP PENURUNAN KESEPIAN (LONELINESS) LANSIA

MANIS AERO DWI NOERVIANA, 131211131015 (2016) PENGARUH MILLIEU THERAPY METODE KREASI SENI MEMBUAT GELANG TERHADAP PENURUNAN KESEPIAN (LONELINESS) LANSIA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKP. N. 189-16 Noe p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesepian merupakan perasaan terasing (terisolasi) dan perasaan tersisihkan yang sifatnya subjektif, dimana individu merasa kesepian. Semua lansia tentunya berkeinginan untuk dapat hidup sejahtera dalam masa tuanya bersama anak dan keluarganya dalam rumah sendiri. Namun pada kenyataanya tidak semua lansia dapat mencapai hal tersebut karena berbagai hal seperti karena faktor kemiskinan, tidak mempunya keturunan ataupun keluarga yang dapat merawat lansia serta ketidakmampuan keluarga dalam memberikan perawatan pada lansia, sehingga banyak lansia menjadi terlantar.Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh millieu therapy metode kreasi seni membuat gelang terhadap penurunan kesepian lansia. Penelitian ini menggunakan pr-experimental one-group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah 76 lansia. Sampel dari penelitian ini 12 responden dengan teknik purposive sampling. Variabel independen dari penelitian ini millieu therapy metode kreasi seni membuat gelang sedangkan variabel dependennya yaitu penurunan kesepian lansia. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada pengaruh millieu therapy metode kreasi seni membuat gelang dapat menurunkan kesepian lansia. Uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan signifikasinya yaitu α = 0,05. Uji ini menunjukkan hasil α = 0.035 yang berarti ada pengaruh millieu therapy metode kreasi seni membuat gelang dapat menurunkan kesepian lansia. Pengaruh millieu therapy metode kreasi seni dapat dijadikan alternatif untuk menurunkan kesepian lansia karena dengan metode kreasi seni lansia dapat menyalurkan kreativitasnya, menghasilkan suatu karya, mengisi waktu luang, dapat bekerja sama satu sama lain dan dapat menstimulasi secara kognitif, afektif, psikomotor, sosio-emosional, dan harga diri. Pada penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan grup kontrol dan faktor lain yang mempengaruhi kesepian lansia. Peneliti juga dapat menggunakan millieu therapy untuk mensupport dan membantu kesepian lansia agar menghasilkan kualitas terbaik di kehidupannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 189-16 Noe p
Uncontrolled Keywords: millieu therapy, kesepian, gelang
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ1060-1064 Aged. Gerontology (Social aspects). Retirement
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
MANIS AERO DWI NOERVIANA, 131211131015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAh Yusuf, Dr., S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
ContributorIqlima Dwi Kurnia, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 27 Dec 2016 00:50
Last Modified: 26 Mar 2018 23:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50059
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item