ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KESETIAAN MEREK BAN RADIAL BRIDGESTONE DI SURABAYA

TANDJUNG, 049620889 E (2008) ANALISIS PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KESETIAAN MEREK BAN RADIAL BRIDGESTONE DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-tandjung-4241-b0207-t.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-tandjung-4241-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ban radial merek Bridgestone adalah salah satu merek ban yang paling banyak dipakai di Surabaya, selain Goodyear dan Gajah Tunggal. Bagi pemilik mobil adalah tidak asing untuk mendengar merek-merek ban tersebut karena ban adalah salah satu komponen mobil yang paling sering diganti karena mengalami keausan. Tujuan dari penelitian ini mengetahui apakah faktor value-to-price relationship, product quality, product benefits and features, reliability, convenience of acquisition dapat mempengaruhi kesetiaan konsumen dalam membeli ban luar radial merk Bridgestone di Surabaya. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebesar 50 responden. Prosedur pengambilan sampel yang digunakan adalan Non Probability Sampling. Sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan incidental sampling. Target populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna ban radial merek Bridgestone di Surabaya dengan karekteristik : (1) berdomisili di Surabaya, (2) Berusia minimal 18 tahun, (3) memakai ban radial di semua rodanya, (4) pernah membeli atau menyuruh untuk membeli ban radial merek Bridgestone untuk dipakai di mobil pribadi, (5) saat ini memakai ban radial merek Bridgestone. Dari hasil perhitungan regresi berganda terhadap lima variable bebas (value-to-price relationship, product quality, product benefits and features, reliability, convenience of acquisition) didapat R=0,849 , R2=0, 72 yang mana menunjukkan hubungan yang erat antara variabe bebas dan terikat. Uji F menunjukkan Fhitung=22, 666 adalah lebih besar dibanding F,tabel = 2,434 sehingga Ho ditolak Ha diterima yang berarti bahwa atribut¬-atribut kepuasan (value-to-price relationship, product quality, product benefits and features, reliability, dan convenience of acquisition) mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap kesetiaan merek Bridgestone di Surabaya. Dari persamaan regresi yang didapat ternyata atribut Value-to¬price relationship mempunyai pengaruh yang paling besar terhadap kesetiaan merek ban radial Bridgestone di Surabaya yaitu sebesar 0,311. Sedangkan atribut reliability merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling kecil yaitu sebesar 0,181. Dari hasil tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa kepuasan pemakai ban radial Bridgestone di Surabaya berpengaruh terhadap kesetiaan ban radial Bridgestone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 02/07 Tan a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACTION; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TANDJUNG, 049620889 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorINDRIANAWATI USMAN, Drs. Ec. Hj., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 12 Apr 2007 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 18:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5012
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item