PERILAKU MEMIUH PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA PEMILU 1999 (STUDI DEKRIPTIF TENTANG PERILAKU MEMILIH PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMDA KABUPATEN B0JONEGOROJAWA TIMUR. PADA PEMILU 1999)

Panji Ariyo Kusumo, 079514710 (2002) PERILAKU MEMIUH PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA PEMILU 1999 (STUDI DEKRIPTIF TENTANG PERILAKU MEMILIH PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMDA KABUPATEN B0JONEGOROJAWA TIMUR. PADA PEMILU 1999). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
P 09-02 Kus p.pdf

Download (363kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian dan Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan perilaku memilih Pegawai Negeri Sipil pada Pemilu 1999, baik dari segi arah pilihan politiknya dan hubungan variabel status sosial ekonomi, sosialisasi politik, pengetahuan politik, pertimbangan rasional, identifikasi partai serta sikap politik dengan perilaku memilih mereka. Selanjutnya juga digambarkan pergeseran pilihan politik PNS antara Pemilu 1997 dengan Pemilu 1999, baik dari segi arah pergeseran, besamya pergeseran, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran pilihan politik mereka. Fenomena umum yang ada pad a masa Orde Baru menunjukkan terdapatnya anggapan adanya asosiasi antara PNS dengan pilihan politik ke Golkar. PNS diwajibkan menjadi anggota Golkar dan memberikan suaranya ke Golkar. Dari sini PNS dijadikan ujung tombak keberhasilan Golkar terutama dalam pemilu. Tetapi pada kenyataannya pada masa itu pilihan politik mereka juga terdistribusi ke PPP dan POI, bahkan Golput. Berbeda dengan pemilu pada masa Orde Baru, perilaku memilih PNS pada Pemilu 1999 dimana dilaksanakan dalam euphoria politik cenderung mengalami perubahan. Hal ini berkaitan dengan Pemilu 1999 yang dilaksanakan dalam suasana multi partai, tingkat partisipasi pemilihnya tinggi, adanya keragaman ideologi dan kebebasan politik yang tinggi. Selain itu peraturan perundangundangan pemilu yang barupun relatif dapat menjamin pelaksanaan pemilu secara jurdil

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK P 09/02 Kus p
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Panji Ariyo Kusumo, 079514710UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ConsultantKris Nugroho, Drs. MAUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 28 Dec 2016 01:28
Last Modified: 12 Jun 2017 21:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50175
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item