ISU LINGKUNGAN SEBAGAI ISU PUBLIK Studi Deskriptif Konflik Negara dengan masyarakat tentanc Pengelolaan Samber daya Alam

DAVID BUDIYANTO, 079514111 (2002) ISU LINGKUNGAN SEBAGAI ISU PUBLIK Studi Deskriptif Konflik Negara dengan masyarakat tentanc Pengelolaan Samber daya Alam. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
P 11-02 Bud i.pdf

Download (338kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumberdaya alam yang terbatas, sedangkan kebutuhan manusia akan sumberdaya alam tidak ada batasnya dan terns meningkat, melahirkan sebuah wacana pengelolaan lingkungan yang memandang perlunya sumberdaya alam untuk dipertahankan dan dikelola demi kelangsungan kehidupan manusia Dalam pengelolaan lingkungan aIam ini, temyata banyak menimbulkan persengketaan hak penguasaan atas sumberdaya alamo Strategi pembangunan yang menempatkan pertumbuhan ekonomi pada posisi penting telah menampakan kemajuan dan keberhasilan diberbagaibidang, seperti teknologi, produksi dan informasi yang kesemuanya itu telah meningkatkan kualitas hidup manusia. Kendati demikian, kemajuan yang dicapai pada kenyataannya tidak mampu memberikan 4 spread effect' secara merata di masyarakat. Usaha pembangunan yang menjadi prioritas nasional untuk peningkatan sosial dan ekonomi masyarakat temyata banyak menimbulkan masalah barn yang banyak merugikan masyarakat setempat. " Eksploitasi alam guna mengejar pertumbuhan ekonomi telah berdampak buruk pada sumberdaya, aJam dan masyarakat sebagai pihak yang menderita. ' Suatu masalah Iingkungan sekarang ditransformasikan menjadi masalah politik dan ekonomi. Isu ancaman kernsakan lingkungan hidup setempat menjadi suatu tema perebutan dan penguasaan hak atas sumberdaya alam dalam kaitannya dengan perumusan kebijakan-kebijakan politik ekonomi negara. Argumentasi Iingkungan digunakan sebagai salah satu unsur barn yang kuat dalam perebutan kekuasaan atas sumberdaya alamo Isu perebutan penguasaan sumberdaya alam menjadi sangat penting ketika dalam perkembangnya memiskinkan masyarakat setempat yang sebenamya sebagai pemiliki sumberdaya tersebut. Masyarakat terabaikan dan terkaIahkan oleh kepentingan-kepentingan investasi dan kepentingan negara. Peminggiran masyarakat berlangsung lewat praktek pembangunan yang dikendalikan pemerintah dengan memfasilitasi perusahaan-perusahaan skala besar, baik BUMN maupun swasta. Kebijakan yang memprioritaskan pengelolaan sumberdaya alam untuk keperluan usaha skala besar telah mengakibatkan konsentrasi penguasaan yang mendorong terciptanya ketimpangan yang nyata dalam pengelolaan sumberdaya alamo . Kasus-kasus dalam pengelolaan sumberdaya alam pada akhimya rnenggusUr masyarakat yang sudah lama menempati dan memanfaatkan alam sekitarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK P 11/02 Bud i
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
DAVID BUDIYANTO, 079514111UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantSITI AMINAH, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:11
Last Modified: 12 Jun 2017 21:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50178
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item