AKSESIBILITAS PENGUSAHA INDUSTRI KECIL TERHADAP PELAYANAN PERIJINAN (Studi tentang Aksesibilitas pengusaha Industri Kecil Terhadap Sistem one stop service di Dinas Perijinan Dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo)

NOVA YOGI ANANTASARI, 079916032 (2003) AKSESIBILITAS PENGUSAHA INDUSTRI KECIL TERHADAP PELAYANAN PERIJINAN (Studi tentang Aksesibilitas pengusaha Industri Kecil Terhadap Sistem one stop service di Dinas Perijinan Dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis AN.31-04.Ana a.pdf

Download (199kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Fokuspenelitian ini adaIah untuk menjawabpertanyaan : "bagaimana Aksesibilitas Pengusaha Industri Kecil ~Sistem Pelayanan Prima Satu Atap (One Stop Service)" di Dinas Perijinan dan Penanaman Modal Kabupaten Sidoarjo" dan 'apakah Sistem Pelayanan Prima Satu Atap (One Stop Service) dopat meningkatkan aksesibilitas Pengusaha Industri KeciL" Secara spesifik penelitian ini lebih memfokuskan pada permasalahan aksesibilltas dalam dimensi birokrasi·administratif perijinan mengingat banyaknya Pengusah Industri Kecil yang belum mempunyai ijin. Hal ini didasarkan pada fenomena empiris bahwa rumitnya perijinan yang hams dilalui Pengusaha Industri Kecil. Sejalan dengan kebijakan Otoda, Kabupaten Sidoarjo memangkas birokrasi perijinan yang rumit tersebut dan membentuk Dinas Perijinan dan Penanaman Modal melalui Sistem Pelayanan Prima SaW Atap (One Stop Setvice). PenelitiaB ini menarik um.uk ditelrti karena pemerintab Kabupaten Sidoarjo meJalui Dinas Perijimm dan Penana:rmm Modal mempemleh Pro Otonomi Award 2002 yang merupakan suatu langkah maju dalam memanglcas birokrasi pelayanan publik. Untuk itu, peneIitian ini ingin menjelaskan secara empiris dari aksesibilitas Pengusaha Industri Kedl terbadap Sistem Pelayanan Prima Satu Atap (One Stop Service)di DinasPerijimm dan ~Modal Kabupatm SidoaJjo dan apakah Sistem Pelayanan tersebu:t dapatmeningkatbm. aksesibilitas Pengusaha Industri Kecil. Tipe penelitian yang digunakan adalab tipe deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner, wawancara mendal~ dan studi dokumentasi Survai menggunakan kuesioner dilakubn terhadap 150 responden dati 3 kecamatan yang dipilih seatra purposive yaitu Kecamatan Warn, Taman, Tanggulangin. Wawancara mendalam dilakukan pada tiap kelompok yang dipilih secara purposive yaitu tujuh pegawai Dinas Perijinan dan Penanaman Modal dan dua heJas Pengusaha Industri KeeiL Penggunaan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data lain sebagai pelengkap yang tidak dapat diperoleh melalui metode survai mengguna.kan lruesiooer dan wawancam mendalam. Agar mendapatkan keabsahan dan, untuk data inventaris dilakukan uji validitas dan reliabilitas instmmen .survai, ·sedangkmuntuk data kualitatif dilakukan triangulasi sumber data. Dari data yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa aksesibilitas Penusaba Industri Keeil terhadap Sistem Pelayanan Prima Satu Atap (One Stop Service) masih agak rendah yaitu sekitar 44%. Hal ini disehabkan pertama kurangnya sosialisasi dari Dinas Perijinan dan Penanaman Modal dilakuan secara intens dan tepat pada sasaran (Pengusaba Industri Kecil), kedua. kurangnya kesadaran untuk mengurus ijin, dan kurangnya pemahaman tentang ijin itu sendiri. Alasan utama Pengusaha Industri Keeil yang tidak mengurus ijin adalah karena terbentur olehbiaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis An 31-04 Ana a
Uncontrolled Keywords: LICENSES, SMALL BUSINESS
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NOVA YOGI ANANTASARI, 079916032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDAntun Mardiyanta, Drs. , M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 28 Dec 2016 20:52
Last Modified: 28 Dec 2016 20:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50217
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item