HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI KERJA TERHADAP PERSEPSI KINERJA PEGAWAI (Studi Tentang Hubungan Faktor-Faktor Motivasi Kerja Terhadap Persepsi Kinerja Pegawai di PT. PLN (persero) Distribusi Jatim Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Selatan)

RENNY AMELIA SANDRA, 079715616 (2004) HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR MOTIVASI KERJA TERHADAP PERSEPSI KINERJA PEGAWAI (Studi Tentang Hubungan Faktor-Faktor Motivasi Kerja Terhadap Persepsi Kinerja Pegawai di PT. PLN (persero) Distribusi Jatim Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Selatan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis AN.34-04.San h.pdf

Download (248kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Sejak dialihkannya status PLN menjadi Persero, anggaran pembangunan pemerintah melalui APBN secara bertahap dikurangi. Pengalihan status tersebut bertujuan agar PLN dapat lebih mandiri dan berkualitas. Dan dalam menghadapi era globalisasi, dimana peranan listrik pada saat ini memegang peranan yang sangat penting, maka pihak PLN harns berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan dan pembangunan listrik secara merata. Dalam hal ini kendala dan tantangan yang dihadapi 0100 PT. PLN (Persero) diantaranya adalah banyaknya permintaan akan pasokan listrik yang masih belum dapat direalisasikan secara optimal, masih banyaknya keluhan akan kualitas pelayanan dari PLN yang dinilai kurang memadai / buruk, dan kurangnya sumber daya manusia yang profesional sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam bidang ketenagalistrikan. 01eh karena itu PT. PLN (Persero) perlu memperhatikan potensi dari sumber daya manusia sebagai faktor utama dalam mencapai kinerja perusahaan. Sumber daya manusia yang berkualitas tinggi sangat bermanfaat, tidak hanya dalam mengadakan penyesuaian gerak langkah perusahaan atas perubahan iklim usaha yang begitu cepat, tetapi dengan tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi meinungkinkan perusahmm untuk melakukan antisipasi terhadap kemungkinan berbagai perubahan dalam lingkungan berusaha sehingga dapat memberikan suatu competitive advantage bagi perusahaan.Ada beberapa maca.m faktor yang sangat berperan dalam peningkatan kineIja pegawai, salah satunya adalah faktor motivasi. Motivasi merupakan sesuatu hal yang mampu menggerakkan dirinya dan kemauannya untuk berprestasi dengan meningkatkan kineIjanya. Penelitian ini mencoba untuk menganalisis pengaruh antara faktorfaktor motivasi keIja dan Herzberg yang terdiri atas : 1) achievement (pencapaian prestasi), 2) recognition (pengakuan), 3) the work itself(pekerjaan itu sendiri), 4) responsibilities (tanggung jawab), dan 5) advancement (kemajuan dan perkembangan) terhadap peningkatan kinerja pegawai. Lokasi penelitian ini adaIah PT. PLN (Persero) Distribusi Jatim Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Selatan. Teknik penarikan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling dengan jumlah 30 responden, sampel diambil secara universal dari tiap bagian pada area pelayanan PT. PLN yaitu dari bagian pemasaran, niaga, distribusi,· keuangan, SDM dan administrasi dan unit pelayanan dan jaringan N gageL Data yang terkumpul pada penelitian ini kemudian dianalisa dengan menggunakan uji statistik regresi linier berganda dan korelasi parsial yang perhitungannya dibantu dengan SPSS (Statistical Product andService Solutions). HasH penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara faktor-faktor motivasi kerja yang berupa achievement (pencapaian prestasi), recognition (pengakuan), the work itself (pekeIjaan itu sendiri), responsibilities (tanggung jawab), dan advancement (kemajuan dan perkembangan) terhadap persepsi kineIja pegawai di PT. PLN (Persero) Distribusi Jatim Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Selatan. Hal ini terlihat pada nilai F sebesar 48,328 dimana nilai p lebih kecil daripada 0,05, dengan nilai p = 0,000. Sedangkan faktor motivasi keIja yang berpengaruh paling dominan adalah faktor motivasi responsibility. Hal ini terlihat dari nilai p = 0,006 dan nilai t sebesar 3,007. PT. PLN (Persero) Distribusi Jatim Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya SeJatan diharapkan agar lebih memperhatikan kembali faktor~faktor yang sekiranya dapat lebih memotivasi para karyawannya, karena motivasi dari para pekeIja / karyawan / pegawai akan sangat berpengaruh dan akan Iebih memacu karyawan untuk bekerja lebih bersemangat dan bergairah dalam pencapaian kineIja yang optimal, yang pada gilirannya akan mempengaruhi keberhasiJan perusahaan dalam mencapai tujuannya, dalam hal ini adalah PT. PLN (Persero) Distribusi Jatim Area Pelayanan dan Jaringan Surabaya Selatan itu sendiri. Seperti yang telah diungkapkan oIeh Gibson bahwa "prestasi individu adalah dasar dari prestasi organisasi".

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis An 34-04 San h
Uncontrolled Keywords: EMPLOYEE MOTIVATION; PERSONNEL MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
RENNY AMELIA SANDRA, 079715616UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDH. Jusuf Irianto, Drs,M. ComUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 28 Dec 2016 21:09
Last Modified: 28 Dec 2016 21:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50225
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item