TRADISI SEDEKAH BUMI (Kajian Tentang Keberadaan Tradisi Sedekah Bumi di Kelurahan Tubanan, Kecamatan Tandes, Kotamadya Surabaya)

Alfin Syah K. Putri, 079615030 (2003) TRADISI SEDEKAH BUMI (Kajian Tentang Keberadaan Tradisi Sedekah Bumi di Kelurahan Tubanan, Kecamatan Tandes, Kotamadya Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis Ant 08-04.put t.pdf

Download (173kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Sedekah bumi merupakan salah satu upacara pertanian yang dilaksanakan sebagai wuj ud rasa syukur masyarakat petani terhadap hasil bumi atau hasil panen yang diperoleh. Perayaan sedekah bumi sampai sekarang masih banyak dilaksanakan oleh masyarakat didesa-desa yang penduduknya sebagian besar disektor agraris. Namun tidak demikian pada masyarakat Kelurahan Tubanan, Kecamatan Tandes, Kotamadya Surabaya. Diwilayah Kelurahan Tubanan ini masyarakat masih melaksanakan sedekah bumi tiap tahun sekali, padahal tanah pertanian sudah tidak ada dan wilayahnya termasuk wilayah metropolis. Berangkat dari keberadaan sedekah bumi sebagai tradisi diKelurahan Tubanan yang masih ada dan terus dilaksanakan oleh masyarakatnya, penulis berupaya mencari jawaban atas permasalahan yang diungkapkan dalam karya tulis ini yaitu mengapa tradisi sedekah bumi masih dilaksanakan oleh masyarakat Tubanan yang bukan lagi masyarakat petani tetapi lebih sebagai masyarakat perkotaan? Dan apa makna tadisi sedekah bumi bagi masyarakat Tubanan dulu dan sekarang ini? Karya tulis ini mempunyai dua tujuan yang ingin dicapai oleh penulis yaitu tujuan teoritik dan tujuan praktis. Tuj uan teoritiknya untuk mengetahui alasanalasan mengapa masih dilaksanakan upacara sedekah bumi diKelurahan Tubanan yang merupakan masyarakat yang tinggal diwilayah metropolis dan bukan masyarakat pertanian yang tinggal diwilayah pertanian. Tujuan praktisnya yaitu menambah wawasan dan memperbanyak khasanah pengetahuan tenta!1g kebudayaan Jawa melalui tradisi upacara yang dipengaruhi suatu masyarakat. Karya tulis ini merupakan penelitian deskriptif yaitu memberikan analisis berdasarkan data dilapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengkaji lebih mendalam permasalahan yang ada. nipilihnya Kelurahan Tubanan sebagai obyek penelitian karena tradisi sedekah bumi diwilayah ini masih ada dan terus dilaksanakan oleh masyarakatnya, sedangkan tanah pertanian sudah tidak ada lagi dan mata pencaharian penduduknya secara tidak langsung sudah tidak bertani lagi. Kesimpulan yang dapat disajikan dalam karya tulis hari ini adalahbahwa masyarakat Tubanan mempunyai rasa tanggung jawab dan kesadaran budaya untuk terus melaksanakan tradisi sebagai warisan nenek moyang. Sedangkan makna sedekah bumi bagi masyarakat Tubanan dulu adalah mempunyai makna ritual yang sangat kuat untuk memuja arwah leluhur sekaligus sebagai wujud dari rasa syukur kepada danyang yang menguasai wilayah desa atas hasil panen yang diperoleh, dan sekarang sedekah bumi bermakna sebagai simbol dalam upaya pelestarian tradisi sebagai warisan nenek moyang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 08-04 put t
Uncontrolled Keywords: ETHNOLOGY, SYMBOLIC ETHNOLOGY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP135-136.9 Hadith literature. Traditions. Sunna
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
Alfin Syah K. Putri, 079615030UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBudi Setiawan, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 29 Dec 2016 18:52
Last Modified: 29 Dec 2016 18:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50254
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item