PERPINDAHAN AGAMA PADA KOMUNITAS T10NGHOA (Studi deskriptif tentang konversi Agama pada komunitas Tionghoa di Pecinan Simokerto, Kelurahan Simokerto, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya)

DYAH AYU PALUPI, 079915999 (2004) PERPINDAHAN AGAMA PADA KOMUNITAS T10NGHOA (Studi deskriptif tentang konversi Agama pada komunitas Tionghoa di Pecinan Simokerto, Kelurahan Simokerto, Kecamatan Simokerto, Kota Surabaya). Thesis thesis, tJNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FIS ANT 18-04 PAL P.pdf

Download (124kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

AHS1UAKSI Perpindahan Agama pada komunitas Tionghoa ini dilakukan pada awalnya seperti kita ketahui bahwa pada masa pemerintahan Orde Baru Kong Hu Cu tidak diakui sebagai agama, Hal ini menimbulkan dampak yang tidak sedikit, misalnya saja adanya kcsulitan dalam kepemilikan kartu identitas tiiri atau KTP, Selain itujuga adanya kesu!iJlU~Aalam pen~atalan p~rkmvinan, pcrkawillall tcr,;cbut dapat dicatatkan apabila mereka harus berpllldah agallla atnu IUcngakli hcragallla lain, Untuk IllcmpermuLiah masalah birokrasi di Indonesia pada mulanY;1 IIIcrupakan alasan banyaknya orang Tionghoa yang bcrpimlah aganla, nallllln ,,,tdah dit~laah lcbih latyut bahwa p",rpil,dahan agama iui (",bih meuyuugku( pada individll ilu scndiri, lillgkuub>an, dan latar bclakung kebudayaull mereka. Pcnclitian Perpiudahall <l[!allla pada Komunitas Tionghoa didasarkan pada tcori yung dikcmukakan (llell bcbcrapa t"kolt yaug mCllgulas tcntRllg aktor, tindakall sosial dall silllbol-simbol daLull kebudayaail. Pcnclitiau pcrpindahan agama puda kOllluuitas Tionghoa ini dilaknkan di Pecinan Simokerto, Kelurahan Simokcrto, Kccamatan Simokerto, Kota Surabaya, Penelilian ini dilakukan dengan lIlenggunakan penelitiall deskriptif kualitatif yang menghasilkall data deskriptif bcrllp2 infonnasi-illfofluasi tertulis dariorang-orang yang mcmplll1yai hllhungall dengan pcrpindairan agamu pada komunitas Tionghoa melalni pellgamatan,wuvvancara dan juga studi kepnstakaan yang berhubungan dengan locus pCllclitiun inL Dalum P(;Uelitian Perpindailan agama pada komunitas Tiollghoa lehih mCllyangkllt pada individllnya !chill pada motivasi mcrcka, ulasall yang mendnsari nntuk berpindah agama, Setelah mereka mclakukan perpindahan agama, orang Tionghoa ini tetap lllclllclihara tradisi 1ll",n;kiI sehagai orang Tionghoa, namun ada juga pclaku perpindahan agallla yang (idak lagi lIleiakukan ritual mereka salah satunya adalah sembahyangan. Orang Tionghoa agar dapat bertahan hidup di negeri ini mereka bCriisaha beradaptasi dengan masyarakat Indonesia, Sebagian hesar masyarakat Indouesia memeiuk agama Islam, jika berpindah agama ini dikatabm sebagai suatll bentuk adaptasi seharusnya orang Tionghoa banyak yaug memeluk agama Islam tetapi pada kenyataannya orang Tionghoa yang llIemeluk agama Islam hanya sebagian ked!. Hal ini disebabkan akiba( dari pemberian status sosial pada orang Tionghoa oleh Belanda yang masih dirasakan samapai saat ini. Sehingga Stigma yang terjadi bahwa agama Islam adalah agama pribumi. Selain itu orang Tionghoa kurang mengenal agama Islam itu sendi!i.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 18-04
Uncontrolled Keywords: RELIGION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL51-65 Religion in Relation to Special Subjects
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsEmail
DYAH AYU PALUPI, 079915999UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDBudi Setyawan., Drs. MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 29 Dec 2016 22:52
Last Modified: 12 Jun 2017 18:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50259
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item