MAKNA SIMBOL PITA ANTRIAN PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk. (Studi deskriptif PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk Cabang Surabaya Basuki Rahmad.

VlTTA WIDHAYANI PUSPASARI, 079514949 (2004) MAKNA SIMBOL PITA ANTRIAN PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk. (Studi deskriptif PT Bank Mandiri (PERSERO) Tbk Cabang Surabaya Basuki Rahmad. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FIS ANT 23-04 PUS M.pdf

Download (119kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAKSI Manusia adalah homo creator dan setiap hasil ciptaannya memiliki nilai, maksud, makna dan tujuan tertentu, Salah satu hasil karya manusia adalah tanda, yang digunaksn untuk berhubungan dengan manusia lain atau makhluk lain, Semiotika adalah ilmu yang mengkaji dan menganalisis tanda.pita anman sebagai simbol dan salah satu tanda di Banking Hall Bank Mandiri Cabang Surabaya Basuki Rachmat memiliki mempunyai.. makna tertentu. Makna tersebut berupa pesan yang disampaikan manajemen perusahaan kepeda nasabah. Berdasarkan fenomena diatas, bahwa manusia berkomunikasi menggunakan sarana tanda, begitu pula pada banking hall Bank Mandiri cabang Surabaya Basuki Rachmat. Maka tujuan penelitian yang diangkat adalah untuk mengetahui makna simbol pita anman pada PT Bank Mandiri (Persero) Thk. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data observasi langsung, wawancara dengan menggunakan kuisoner dan dokumentasi. Tehnik analisa data dengan mengurutkan, mengelompokkan dan mengorganisasikan data-data yang diperoleh dilapangan untuk dapat menggambarkan fenomena sosial yang terjadi yaitu makna simbol pita antrian pada Bank Mandiri cabang Surabaya Basuki Rachmat. Pita anman dapat dikatakan sebagai ikon karena memiliki warna biri dan adanya logo perusahaan pada pita tersebut. Pita antrian bisa juga sebagai indeks karena penempatran pita aman tersebut memiliki maksud tertentu atau menunjukkan adanya anman peda banking hall sehingga diperlukan pita antrian untuk mengatur anman. Pita anman bias juga disebut simbol karena memiliki maksud atau makna tertentu. Makna-makna pita antrian tersebut antara lain sebagai alat pengatur anman, menunjang pelayanan kepada nasabah,sebagai cirikhas Bank Mandiri, sebagai design interior Bank Mandiri, dan sebagai standard Bank Mandiri. Pita anman, sangat perlu dibutuhkan pada banking hall untuk mengatur antrian, baik diterapkan untuk nasabah maupun untuk karyawan. Makna pita anman bagi nasabah juga membantu peningkatan pelayanan kepada nasabab, Karena deugan adanya pita anman tersebut diharapkan adanya kedisiplinan, ketertiban, kerapian dan kenyarnanan secara keseluruhan pada banking hal sebingga kepuasan pelayann kepada nasbah dapat tercapai. Salah satu bentuk atau model untuk mengatur anman selain menggunakan pita antrian adalah menggunakan nomer atau kartu anman. Penggunaan metode tersebut harus didukung dengan roang banking ball yang luas, sumber daya manusia yang ikut mengatur, peralatan IT berupa layar elektrunik. Tanpe ini sangat sulit diterapkan apabila tidak didukung oleh ketiga pendukung tersebut, karena dapat menjadikan tidak rapi sehingga mengganggu kenyamanan banking hall. Bank Mandiri caOOng Surabaya Basuki Rachmat belum bisa menerapkan penggunaan pita anman karena terhalang oleh beberapa kendala. Pada cabang tersebut cukup mengotimalkan makna pita anman yang sudah ada agar Iebih efisien dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis Ant 23-04 Pus m
Uncontrolled Keywords: BANK AND BANKING
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
VlTTA WIDHAYANI PUSPASARI, 079514949UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
UNSPECIFIEDLaurentius Dyson, DR. , MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 29 Dec 2016 23:19
Last Modified: 14 Jun 2017 22:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50262
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item