PAPARAN DEBU ROTAN, UPAYA PENGENDALIAN DAN KELUHAN KESEHATAN TENAGA KERJA DI PABRlK ROTAN (Studi di Bagian Produksi UD. Utomo, Menganti, Gresik)

SUPRAPTI, 100310389-H (2006) PAPARAN DEBU ROTAN, UPAYA PENGENDALIAN DAN KELUHAN KESEHATAN TENAGA KERJA DI PABRlK ROTAN (Studi di Bagian Produksi UD. Utomo, Menganti, Gresik). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKM HKK 28-06 SUP P.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

UD. Utomo, Menganti Gresik adaJah industri yang bergerak dalam bidang keraj inan rotan dengan baIlan dasar rotan, pada proses produksi selalu menghasilkan produk samping herupa debu rotan. Upaya pengendalian debu di tempat kerja yang kurang baik bisa menyebabkan tenaga kerja mengalami gangguan secara psikoJogis dan fisiologi akibat paparan debu. Temtama gangguan pada saluran pemapasan. Tujuan umum dari penelitian adalah untuk mempelajari paparan debu rotan dan upaya pengendalian debu serta keluhan kesehatan yang dirasakan oleh tenaga kerja. Sedangkan tujuan khususnya adalah mempelajari upaya pengendalian debu, mempelajari karakteristik tenaga kerja dan mempelajari keluhan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode observasional dan dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan waktu adalah cross sectional. Obyek penelitian ini adalah tenaga kerja di bagian produksi yang berjumlah 38 orang. InfOnnasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan penetitian diperoleh dengan cam wawancara, pengukuran kadar debu, observasi dan kuesioner. Hasil pengukuran debu rotan menunjukkan bahwa kadar debu rotan di tempat kerja masih dibawah nilai ambang balas. Upaya pengendaJian debu di bagian produksi adalah upaya pengendalian secam teknik hempa ventilasi aJami dan alat pelindung diri yang disediakan adalah herupa masker bin. Sedangkan keluhan yang paling banyak dirasakan oleh tenaga kerja adalah keluhan pada saluran pemapasan seperti batuk (87,5%) dan sesak napas (62,5). Upaya pengendaJian secara teknik hempa ventilasi alami masih perlu penambahan agar udara di tempat kerja lebih hersih dan sehat. Pemberian perhatian yang lebih terhadap pemeliharaan ketatarumahtanggaan, penyediaan fasilitas saniter, serta kesehatan dan keselamatan pekerja dengan menyediakan APD yang sesuai untuk segala jenis paparan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC FKM HKK 28/06 Sup p
Uncontrolled Keywords: DUST CONTROL
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
SUPRAPTI, 100310389-HUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Martiana, Dr. Hj. dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 03 Jan 2017 19:08
Last Modified: 03 Jan 2017 19:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50339
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item