Pemetaan Intrusi Air Laut Wilayah Pesisir di Kota Surabaya berdasar Keberadaan Mangrove dengan Sistem Informasi Geografis (SIG)

Dewi Meidira Chairunnissa,, 081211132001 (2016) Pemetaan Intrusi Air Laut Wilayah Pesisir di Kota Surabaya berdasar Keberadaan Mangrove dengan Sistem Informasi Geografis (SIG). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ST.TL.27-16 Cha p ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.TL.27-16 Cha p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan keberadaan mangrove dengan tingkat intrusi, hubungan parameter (salinitas, TDS, dan DHL) dengan jarak, dan hubungan tingkat intrusi dengan jarak serta untuk mengetahui manfaat dari pemetaan intrusi air laut di wilayah pesisir Kota Surabaya. Metode penelitian ini yaitu dengan penelitian sistematis dengan memilih 60 sumur di wilayah pesisir Kota Surabaya dengan memperhatikan keberadaan dan tebal vegetasi mangrove. Parameter yang diuji untuk mendapatkan nilai tingkat intrusi air laut adalah adalah daya hantar listrik (DHL), total dissolve solid (TDS), dan salinitas. Hasil dari penelitian kemudian dipetakkan untuk mengetahui pengaruh mangrove terhadap tingkat intrusi air laut. Berdasarkan hasil penelitian, adanya mangrove menahan terjadinya intrusi air laut, tidak ada hubungan antara parameter dengan interval jarak, dan tidak ada hubungan antara tingkat intrusi dengan interval jarak. Pemetaan intrusi air laut berdasar keberadaan mangrove dengan sistem informasi geografis dapat mempermudah pemantauan tingkat intrusi wilayah pesisir Kota Surabaya. Kata Kunci : Pemetaan, intrusi air laut, mangrove, SIG, Pesisir Kota Surabaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.TL. 27-16 Cha p
Uncontrolled Keywords: Pemetaan, intrusi air laut, mangrove, SIG, Pesisir Kota Surabaya
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu dan Teknologi Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Dewi Meidira Chairunnissa,, 081211132001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThin Soedarti, Dra., CESA.UNSPECIFIED
Thesis advisorTrisnadi Widyaleksono C.P, Drs. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jan 2017 01:42
Last Modified: 12 Jun 2017 16:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50385
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item