AUDIT KUALITAS ATAS PROSEDUR LAYANAN JASA YANG DIHASILKAN FUNGSI WILAYAH USAHA BAGIAN TIMUR PADA PT. APLIKANUSA LINTASARTA BERDASARKAN ISO 9001 : 2000

DWI ANTO SETIAWAN, 049916343 (2008) AUDIT KUALITAS ATAS PROSEDUR LAYANAN JASA YANG DIHASILKAN FUNGSI WILAYAH USAHA BAGIAN TIMUR PADA PT. APLIKANUSA LINTASARTA BERDASARKAN ISO 9001 : 2000. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-setiawandw-5997-a33305-t.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-setiawandw-5997-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengelolaan yang efektif adalah bisnis yang baik, demikian juga dalam perencanaan, dokumentasi dan pelaksanaan dari sistem manajemen efektif. Sekarang ini banyak perusahaan yang berupaya untuk meningkatkan standar kualitas atau mutu produk berdasarkan persyaratan yang telah diakui di seluruh dunia, salah satunya ISO 9001 : 2000. Untuk memperoleh ISO 9001 : 2000 banyak perusahaan yang harus meluangkan lebih banyak waktu untuk melakukan banyak hal tambahan dalam program pengelolaan sistem manajemen kualitas, karena pada intinya ISO 9001 : 2000 sangat dipengaruhi oleh prinsip-prinsip yang dikenal dengan delapan prinsip manajemen kualitas. Dan untuk mengetahui apakah perusahaan dalam aktivitas produksinya sudah melaksanakan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan dalam ISO 9001 : 2000 maka diperlukan suatu pemeriksaan secara obyektif dan berkala pada setiap fungsi departemen yang ada di perusahaan, yang biasa disebut dengan audit kualitas. Dimana audit kualitas bertujuan untuk memantau keefektifan sistem kualtas dan merupakan alat manajemen untuk melakukan perbaikan ( Suardi, 2001:140 ). Dengan dilaksanakannya audit kualitas yang dilakukan secara teratur, maka kualitas barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan yang terjamin. Dan untuk mengetahui penerapan audit kualitas yang dilakukan oleh pihak internal perusahaan, maka diadakan penelitian pada PT. Aplikanusa Lintasarta Wilayah Usaha Bagian Timur yang berlokasi di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data yang digunakan adalah data eksplisit yang penulis dapatkan dari observasi, wawancara, dan dokumen perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan audit kualitas internal sangat penting dalam menemukan ketidaksesuaian penerapan sistem manajemen kualitas pada prosedur layanan jasa yang dihasilkan pada fungsi Wilayah Usaha di PT. Lintasarta Wilayah Usaha Bagian Timur, yang atas temuan ketidaksesuaian tersebut ( menurut klausul 8.5.2 tentang tindakan koreksi dan 8.5.3 tentang tindakan pencegahan) akan diambil tindakan perbaikan ketidaksesuaian dan tindakan pencegahan dengan dilakukannya perbaikan ketidaksesuaian dan tindakan pencegahan, maka sistem manajemen kualitas di PT. Lintasarta yang didasarkan pada ISO 9001 : 2000 akan terjamin. Sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yang berdampak pada peningkatkan profitabilitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.333/05 Set a
Uncontrolled Keywords: AUDITED; FINANCIAL STATEMENTS
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
DWI ANTO SETIAWAN, 049916343UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHENDARYATNO, Drs., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 09 Feb 2008 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 19:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5045
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item