ARTIKEL TENTANG INDONESIA DI INTERNET ( Studi Analiala Isi Artikel Tentang Indonesia dan Tanggapannya dalam Milis Indonesia-L. Pada Alamat "apakabarOclark net H di Internet Selama Mei 1996 )

ANIS ARMANTO, 079113011 (1997) ARTIKEL TENTANG INDONESIA DI INTERNET ( Studi Analiala Isi Artikel Tentang Indonesia dan Tanggapannya dalam Milis Indonesia-L. Pada Alamat "apakabarOclark net H di Internet Selama Mei 1996 ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 89-97 ARM A 079113011.pdf

Download (329kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kita hidup di zaman revolusi komunikasi. Inilah zaman di mana teknoiogi, piranti dan sistem baru bermuncuIan dengan deras, dan sangat mempengaruhi industri komunikasi dan mengubah wajah masyarakat. Internet, sebagai temuan tercanggih teknologi informasi abad ini, sesungguhnya adalah jaringan komputer maha raksasa, yang tersusun oleh jaringan komputer dengan beragam ukuran di seluruh dunia: dari sebuah PC, jaringan lokal berskala kecil, jaringan kelas menengah, hingga jaringan utama yang menjadi tulang punggung, Internet tumbuh tak terbendung, hingga informasi merajalela, mengalir bagai banjir bandang ke seluruh penjuru dunia, Yang timbul akhirnya toh bukan manfaat semata, tetapi juga ancaman, Berkat Internet, tata informasi dunia jadi lebih demokratis, Realitas sosial tak lagi tunggal; ia kini terbuka untuk didefinisikan dalam banyak versi, lewat banyak perspektif, oleh banyak kepentingan, Namun, Internet bisa juga sekadar medium bagi gosip politis yang tak jelas juntrungnya, a1aU bagi caci-maki, bahkan fitnah dan pornografi, Penelitian ini adalah langkah rintisan, yang ditempuh untuk menjelajah dan melukiskan salah satu bagian dari Internet, yakni mailing list atau kelompok diskusi via e-mail di bawah pengelolaan semang moderator. Ada 3 pokok masalah yang disoroti, yaitu (1) tema artikel dan tanggapan artikel dalarn Mitis Indonesia-L, (2) perbandingan komposisi tema artikel dan tanggapan artikel, dan (3) siapa penulis artikel dan tanggapan artikel tersebut. Dengan bantuan metode contenl analysis, penelitiini mengkaji semua artikel dan semua tanggapan artikel yang termuat dalarn Milis lndonesia-L selarna bulan Mei J996 Karena seluruh angggota populasi dilibatkan ke dalarn sampel, berarti penelitian ini menggunakan teknik lotal sampling. Sementara itu, lema artikel dan tanggapan artikel berperan sebagai unit anaiisis. Penelitian ini bermuara pada tiga kesimpulan, Pertarna, artikel didominasi oleh terna pemerintahan dalarn negeri (politik). Yang menarik; tanggapan artikel, ternyata, didominasi pula oleh tema itu. Kedua, ditemukan suatu perbedaan dalarn komposisi tema antara artikel dan tanggapan artikel. Di dalarn artikel, tema-tema utama-yakni tema yang menduduki peringkat satu, dua dan tiga-adalah: pemerintahan dalam negeri (28,62%), militer (15,32%), dan ekonomi (14,81%), Sedangkan tiga tema utama dalarn tanggapan artikel adalah: pemerintahan dalam negeri (40,81%), peradilan dan kejahatan (18,39%), kepentingan sosial dan manusiawi (12,11%). Akhirnya, penulis pribadi atau individual, ternyata, tidak saja mendominasi artikel (52,09%), tetapi juga tanggapan artikel (99,10%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS K 89-97 Arm a (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: ARTIKEL TENTANG INDONESIA DI INTERNET ( Studi Analiala Isi Artikel Tentang Indonesia dan Tanggapannya dalam Milis Indonesia-L. Pada Alamat "apakabarOclark net H di Internet Selama Mei 1996 )
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANIS ARMANTO, 079113011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorYan Yan Cahyana, Drs. M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jan 2017 19:36
Last Modified: 11 Jun 2017 20:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50461
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item