HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KOMUNIKASI KELOMPOK DENGAN PERLAKU MEMELIHARA KESEHATAN GIGI DAN MULUT (STUDI KORELASI PADA ANGGOTA KELOMPOK KADER KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI KABUPATEN SIDOARJO JAWA TIMUR

Mailiya Hurmatud Diyanah, 079113146 (1997) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KOMUNIKASI KELOMPOK DENGAN PERLAKU MEMELIHARA KESEHATAN GIGI DAN MULUT (STUDI KORELASI PADA ANGGOTA KELOMPOK KADER KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI KABUPATEN SIDOARJO JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk FIS K 88-97 DIY H 079113146.pdf

Download (344kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pentingnya kesehalan makin dirasakan oleh setiap orang, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Dari hasil SKRT (Survey Kesehatan Rumah Tangga) lahun 1992 menunjukkan bahwa keluhan sakil gigi menduduki urulan ke-5 dari keluhan kesehatan penduduk yang utama. Hal ini berarti perilaku masyarakal dalam memelihara kesehatan gigi dan mulul, dan juga kesadaran masyarakat untuk berobat ke unit pelayanan kesehatan gigi sedini mungkin masih kurang. Mengingal masih tingginya jumlah penderita sakil gigi dan mulul, maka Pemerintah melalui Departemen Kesehatan membuat kebijakan berupa suatu proyek kesehatan yang dikenal dengan PKMD (Program Kesehatan Masyarakat Desa) dan dikhususkan pada Usaha Kesehatan Gigi dan mulul Masyarakal Desa (UKGMD). Dalam pelaksanaan program UKGMD ini tidak bisa terlepas dari peran sena aktif para kaOO yang nantinya akan menjadi pembimbing, pembina dan penyuluh di masyarakat. Dalam pelaksanaan kegiatan program UKGMD tersebut tidak bisa lerlepas dari kegiatan komunikas~ diantaranya komunikasi kelompok, sebagai benlUk komunikasi yang sering dijwnpai dan digunakan untuk menunjang suatu kegialan. Maka melalui penelitian ini akan dikaji mengenai' kepedulian masyarakat lerhadap program UKGMD dari sudut komunikasi. Penelitian diiokuskan pada kegiatan komunikasi kelompok yang diIakukan oleh para kader kesehatan, dan sc!al1;utnya dikorelasikan dengan kecenderungan perilaku kader tersebul daJam memelihara kesehatan gigi dan mulut. Seltingga lerdapat dua vanabel daIam penelitian ini, yaitu vanabel bebas (inlensilas komunikasi kelompokJ dan variabel terikat (perilaku memelihara kesehatan gigi dan mulul). Populasi yang ditentukan dalam penelitian ini adalah para anggola kader KGMD yang lerdaftar namanya di Puskesmas, dengan lokasi peneliliannya di Kabupalen Sidoarjo. Dipilihnya lokasi ini karena hanya di Kabupalen Sidorujo program UKGMD ini mendapatkan perhatian yang besar dari pemcrinlah daerah dengan memberikan anggaran tahunan bagi kelancaran pelaksanaan program UKGMD. Teknik pengumpulan data daIam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen kuesioner dan bahan-bahan yang t.erdokwnentas~ sedangkan leknik analisis data yang dipakai adalah dengan metode statistik Chi Square atau chi kuadrat. Sesuai dengan perumusan masaIah, yakni apakah ada hubungan antara inlensitas komunikasi kelompok daIam kelompok kader KGMD dengan perilaku memelihara kesehatan gigi dan mulul pada anggota kelompok, dan sesuai dengan hipolesis keIja penelitian bahwa lerdapat hubungan yang signif1k.an (nyata) anlara inlensilas komunikasi kelompok daIam kelompok kaOO KGMD dengan perilaku memelihara kesehatan gigi dan mulut pada anggota kelompok, hasiI analisis data menunjukkan bahwa hipotcsis keIja terbukti atau diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS K 88-97 Diy h (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: KOMUNIKASI KELOMPOK; PERLAKU MEMELIHARA KESEHATAN GIGIDAN MULUT
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Mailiya Hurmatud Diyanah, 079113146UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSon Haji, Ir. MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jan 2017 19:52
Last Modified: 11 Jun 2017 20:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50463
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item