ANALISIS ISI CATATAN HUKUM MAJALAH FORUM KEADILAN ( Studi Analisis Isi Kolom Catatan Hukum Editorial Majalah Hukum dan Demokrasi FORUM Keadilan Periode Agustus 1995 - Agustus 1996 )

YUNIASIH, 079113357 (1997) ANALISIS ISI CATATAN HUKUM MAJALAH FORUM KEADILAN ( Studi Analisis Isi Kolom Catatan Hukum Editorial Majalah Hukum dan Demokrasi FORUM Keadilan Periode Agustus 1995 - Agustus 1996 ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 85-97 YUN A 079113357.pdf

Download (319kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Majalah adalah media eetak yang melalui isinya berusaha·· mencerminkan realitas sosial yaitu situasi, kondisi atau orientasi yang sedang berlaku dalam masyarakat Satu-satunya majalah di Indonesia yang menulis masalah hukum dan keadilan secara lengkap dan populer adalah Majalah FORUM KeadiIan. Majalah dengan misi hukum, keadilan dan demokrasi ini berusaha memenuhi kebutuhan khalayak akan fakta dan informasi bebas nilai yang akan memberi kesempatan atau membantu khalayak untuk menentukan sikap dan posisinya dalam hubungan bermasyarakat dan bernegara. Misi FORUM an tara lain ditampilkan melalui kolom editorialnya yaitu Catatan hukum yang menceritakan struktur sosial tempat hukum Indonesia berlaku, dimana hukum tidak absoiut dan otonom melainkan memiliki struktur sosialnya sendiri dan ditentukan oleh faktor, bidang dan kekuatan diluarnya. Catatan hukum mengaitkan masalah aktual dengan komentar penulis terhadap patologi hukum di Indonesia serta berusaha mengembalikan arti, tujuan, etik dan institusi hukum dalam fungsi sebenarnya dimana hukum adalah dasar yang mengikat semua aspek yang ada, baik pemimpin politik, birokrasi maupun masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode analisis isi terhadap Catatan hukum yang dimuat dalam Majalah FORUM Keadilan periode Agustus 1995 -Agustus 1996. Sampel penelitian adalah total sampel dengan unit analisis tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pihak utama dan tema yang dibahas serta tujuan penyajian pesan dalam Catatan hukum. Dari hasil penelitian diketahui pihak utama yang dibahas dalam Catatan hukum adalah Pemerintah ( 55,17% ); tema yang cenderung dibahas adalah Moralitas ( 58,62% ) dengan tujuan penyajian pesan Menyampaikan pertimbangan moral (41,38% ).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS K 85-97 Yun a (fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: ANALISIS ISI; CATATAN HUKUM; MAJALAH FORUM KEADILAN
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
YUNIASIH, 079113357UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuko Widodo, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jan 2017 20:12
Last Modified: 11 Jun 2017 20:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50467
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item