SIKAP REMAJA TERHADAP FILM SERI ASING YANG DITAYANGKAN TELEVISI ( Studi Deskriptif Tentang Sikap Remaja Terhadap Film Seri Asing Yang Ditayangkan Televisi Periode April-Juni 2003 Di Kelurahan Ketintang Surabaya)

ROSA WIRANDANI L, 0798I5821 (2004) SIKAP REMAJA TERHADAP FILM SERI ASING YANG DITAYANGKAN TELEVISI ( Studi Deskriptif Tentang Sikap Remaja Terhadap Film Seri Asing Yang Ditayangkan Televisi Periode April-Juni 2003 Di Kelurahan Ketintang Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 29-04 ROS S 079815821.pdf

Download (311kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas keingintahuan peneliti terhadap fenomena suksesnya film-film seri asing di stasiun televisi tanah air, terutama film seri Korea, Taiwan dan Jepang. Film seri Mandarin yang rata-rata bertema remaja ini ditandai dengan hadimya film seri Meteor Garden. Untuk itu, penulis ingin menggarnbarkan tentang pilihan remaja terhadap film seri asing, yaitu film seri Bara!, India dan film seri Korea, Taiwan dan Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui sikap remaja Surabaya terhadap film seri asing yang ditayangkan di televisi. Dati penelitian ini bisa diambil suatu manfaat, yaitu memberi kontribusi bagi kajian Ilmu Komunikasi, yaitu Komunikasi Massa serta memberikan rekomendasi kepada pertelevisian di tanah air untuk meningkatkan kualitas siarannya berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh setelah melakukan penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan konsep-konsep yang ada mulai dari konsep Pengertian Sikap, Teori S-O-R (Stimulus-Organism-Respons), Film Sebagai Komunikasi Massa, Film dan Remaja sehingga pokok permasalahan yang dituju bias mengenai sasaran. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif dengan metodologi penelitian Quantitative. Populasi dati penelitian ini adalah seluruh remaja Surabaya yangberusia 13-21 tahun. Sedangkan sarnpel penelitian menggunakan teknik multistage dan diperoleh Kelurahan Ketintang sebagai lokasi sarnpel penelitian. Unit analisis dalarn penelitian ini adalah individu remaja warga Kelurahan Ketintang Surabaya yang pernah menonton film seri asing yang ditayangkan di televisi. Data dikurnpulkan melalui kajian pustaka dan kuesioner dan hasilnya disajikan dalarn bentuk tabel frekuensi yang kemudian diinterpretasikan. Hasil penelitian menggarnbarkan bahwa sikap responden terhadap film sen asing yang menunjukkan sikap positif dan mendukung (suka dan sangat suka). Sedangkan film seri asing yang menjadi favorit responden adalah film seri Barat, dengan demikian tarnpak bahwa selera mereka tidak terpengaruh oleh banyaknya film seri Taiwan, Korea dan Jepang yang ditayangkan di televisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS K 29-04 Ros s (fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: SIKAP REMAJA; FILM SERI ASING; DITAYANGKAN TELEVISI
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
ROSA WIRANDANI L, 0798I5821UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSOETOJO DARSENTONO, DRS., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jan 2017 20:51
Last Modified: 11 Jun 2017 20:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50472
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item