AUDIT MENAJEMEN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PENGELOLAAN DIVISI KREDIT KANTOR PUSAT BANK JATIM SURABAYA

BAMBANG SETIAWAN, 049715726 (2003) AUDIT MENAJEMEN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI PENGELOLAAN DIVISI KREDIT KANTOR PUSAT BANK JATIM SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK A 76-04 Set a.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang ditujukan untuk memperoleh gambaran dan pemahaman bagaimana suatu audit manajemen sebagai alat bantu untuk meniJai efektifitas dan efisiensi pengelolaan divisi kredit pada Kantor Pusat Bank Jatim Surabaya. Penelitian ini menggtmakan pendekatan kllalitatif dengan rancangan peneJitian studi kasus karena sesuai dengan konteks penelitian yang dilakukan, yaitu penelitian difokuskan untuk menjawab pertanyaan "bagaimana" yang ada dalam nunusan masalah dan fokus penelitiannya terletak pada fen omena kontemporer (masa kini) dalam konteks kehidupan nyata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan divisi kredit telah berjalan cukup efektif dan efisien. Terkecuali adanya prosedur aplikasi kredit yang cenderung memakan waktu yang lama karena urutan kerja dari proses kredit yang panjang yang didasarkan pada asas kehati-hatian dan kinerja buruk alas kredit konsumsi. Namun secara garis besar aktivitas perkreditan telah dilakukan sesuai asas Prudential and Regulated Banking. Hal in:i dapat dilihat dari dimiJikinya Guide Line Per1creditan seperti yang disyaratkan Bank: Indonesia SE No. 27/7 Il JPBB tanggaJ 31 Maret 1995 tentang penyusunan dan peJaksanaan kebijaksanaan perkreditan bank dan persyaratan kelengkapan proposal kredit sesuai dengan SE BI No. 27I3IUKU tanggal 25 Januari 1995 dan SK Dir BI No. 27/1211KEPIDIR tanggal 25 Januari 1995. Adapun saran perbaikan yang direkomendasikan adalah mengadakan sedikit perbaikan pada struktur organisasi divisi kredit ' dengan menambah lID ur Board Loan Comitte, Officer's Loan Comitte dan Sub Divisi Pemasaran 1 & II, melakukan efisiensi Iangkah proses aplikasi kredit, Iebih memperketat pengkajian hedit banI, Iebih giat dalam penagihan bunga dan kredit yang telah jatuh tempo, melakukan review kredit dan supervisi secara Iebih cermat, teratur dan penuh tanggung jawab, menyusun perencanaan kredit dengan lebih cermat dan rasional sebingga pelaksanaan kredit dapat lebih efektif, melakukan promosi secara gencar untuk Iebih mendekatkan diri pada masyarakat dan penunjang kesuksesan pemasaran produk kredit barn, melakukan rekonsiliasi terhadap bunga kredit dengan cara menurunkan suku bunga kredit agar dapat bersaing dengan bank atau BPR Iainnya. Penelitian jm menegaskan babwa audit manajemen dapat digtmakan sebagai alat bantu pengendalian manajemen yang bisa mendeteksi berbagai kelemallan yang merugikan dan memberikan berbagai rekomendasi perbaikan lIntuk segera ditindak lanjuti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 76/04 Set a
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT AUDIT
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
BAMBANG SETIAWAN, 049715726UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHamidah, Dra. , MSi. AkUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 04 Jan 2017 22:20
Last Modified: 11 Jun 2017 19:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50491
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item