PENERIMAAN PEMIRSA TERHADAP IKLAN TELEVISI RECEPTION ANALYSIS PEMIRSA SURABAYA TERHADAP IKLAN DETERJEN SURF VERSI CIUM TANGAN DI MEDIA TELEVISI

AIDA SYUKRlYAH, 070016176 (2003) PENERIMAAN PEMIRSA TERHADAP IKLAN TELEVISI RECEPTION ANALYSIS PEMIRSA SURABAYA TERHADAP IKLAN DETERJEN SURF VERSI CIUM TANGAN DI MEDIA TELEVISI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 28-04 SYA P AIDA SYUKRlYAH 070016176.pdf

Download (330kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Iklan merupakan alat promosi yang paling banyllk digunakan oleh para produsen untuk memperkenalkan serta me~~rkan. produknya ke masyarakat. Seiring dengan banyak bermunculannya teleVlsl-televlSI swasta dl ~atr~ mllka kehadiran ildan televisi pun semllkin sering kita jumpai setJap ~nya. Dlantara iklan-ildan televisi yang ada, ildan Surf versi cium tangan menank untuk ditelttt. Karena iklan ini menyugubkan konsep yang sangat sederhana serta mengandung unsur pendidikan dalam tema ceritanya. Bukan hanya itu, iklan ini juga telah meraih berbagai macam penghargaan. Dalam penghargaan Citra Pariwara 2003, iklan Surfversi cium tangan berhasil mendapatkan empat penghargaan sekaligus. Penelitian im menggunakan reception analysis. Yaitu mencoha untuk mengetahui bagaimana penerimaan pemirsa terhadap iklan Surf versi cium tangan di televisi. Pemirsa Surabaya dipilih karena kota Surabaya sebagai kota metropolitan kedua setelah Jakarta tentunya menjadi sasaran potensial produk Surf. Selain itu, masyarakat Surabaya juga memiliki kemudahan dalam hal terpaan ildan karena hampir semua siaran stasiun televisi yang ada di Indonesia dapat diterima di seluruh wilayah Surabaya. Tipe penelitian im adalah deskriptif yang berusaba untuk mengetahui bagaimana gambaran tentang penepmaan pemirsa terhadap iidan Surf versi cium tangan di televisi. Untuk mengumpulkan data digunakan metode focus group discussion atau diskusi kelompok terarah dengan jumlah peserta 6 sampai 12 orang. Dalam penelitian ini yang menjadi partisipan untuk mengikutifocus group discllssion adalah ibu-ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga dipilih karena target audience iklan Surfadalah para ibu-ibu rumah yang berada daIam strata ekonomi menengah ke bawah ataU daIam SES C, D, E. Intrepetasi dilllkukan terhadap narasi kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari hasilfocus group discussion serta melalui wawancara langsung dengan salah satu kreator iklan Surfversi cium tangan yang diproduksi oleh Advertising Agency Lowe Limas & Partners. Proses penerimaan terhadap iklan ini dilihat dart intrepetasi serta pemaknaan pernirsa terhadap iklan Surf versi cium tangan, yang dibatasi oleh tiga code yang menurut Stefan Herrman adalah teks-teks yang ada di media televisi, yaitu social code. technical code. dan representative code. Social code meliputi pakaian, make-up, gerllkan tubuh dan bahasa dari tokoh, kode yang menyampaikan kelas sosial individu, pekerjaan, pendidikan, gaya hidup, dll. Technical code meliputi teknik pengambilan gambar dengan kamera, pencabayatln, editing atau penggunaan efek suara dan musik dengan harapan mampu mengarahkan harapan audience dan terutama menandai jenis program. Sementara yang termasuk representative code adalah dialog dan narasi yang menjelaskan dan mempertegas tampilan visual. Dalam proses penerimaan ini akan diketahui apakah terjadi perbedaaan penerimaan antara pemirsa yang dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan mereka serta konstuksi sosial yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS K 28-04 Sya p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PEMIRSA; IKLAN TELEVISI; RECEPTION ANALYSIS; IKLAN DETERJEN; SURF; CIUM TANGAN; MEDIA TELEVISI
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
AIDA SYUKRlYAH, 070016176UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYan Yan Cahyana, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jan 2017 22:24
Last Modified: 11 Jun 2017 19:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50498
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item