PENGARUH ISO 9001 : 2000 TERHADAP PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA PT. IGLAS (PERSERO)

MIRA PUSPITASARI, 049916552 (2003) PENGARUH ISO 9001 : 2000 TERHADAP PENGENDALIAN BIAYA KUALITAS DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS PADA PT. IGLAS (PERSERO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK A 77-04 Pus p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan yang semakin tajam di lingkungan bisnis menuntut perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk: yang dihasilkan dengan harga j ual yang memiliki daya saing tinggi, penyampaian produk dan pelayanan yang baik sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan serta meningkatkan keunggulan bersaing agar perusahaan dapat tetap survive. Untuk mencapai tujuan tersebut PT. IGLAS (Persero) mulai menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001 :2000 secara konsisten guna memperbaiki sistem manajemennya . Menurut Sistem Manajemen Kualitas ISO 9001 : 2000, pengertian dari konsep pengendalian kualitas adalah lebih luas dari sekedar aktivitas inspeksi yang mengandalkan pada strategi pendeteksian. Kualitas melalui inspeksi saja tidak cukup dan hal itu terlalu mahal. ISO 9001 :2000 merupakan pedoman untuk pengembangan sistem manajemen mutu dan pedoman terkoordinasi bagi komunitas PT. IGLAS untuk kegiatan operasionalnya sejak penerimaan bahan baku, proses produksi sampai pengiriman hasil selesai kepada pelanggan. Dari progress penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2000 diharapkan pelanggan PT. IGLAS akan memperoleh kepuasan (customer satisfaction) dan sedapat mungkin diperoleh =ero complaint dari pelanggan. Tujuan PT. IGLAS memilih dan menerapkan sistem mutu ISO 9001 :2000 adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan produk yang dihasilkan sehingga dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan menjamin kualitas gelas sesuai spesiftkasi pelanggan, dapat mengantisipasi perubahan lingkungan ekstemal yang cepat sehingga PT. IGLAS dapat menjadi leader dalam bidang kemas gelas. Dengan penerapan sistem manajemen mutu berdasarkan ISO 9001:2000 secara konsisten, perusahaan dapat meningkatkan kemampuan untuk menghasilkan barang atau jasa yang berkualitas dan mampu memenuhi keinginan pelanggan sekaligus menurukan b~aya kualitas karena aktivitas perusahaan dilaksanakan sesuai dengan prosedur mutu yang telah ditetapkan .. Dengan adanya pengendalian aktivitas ini pihak manajemen dapat mereduksi aktivitas yang banyak menimbulkan biaya dan meningkatkan efisiensi, segala pengeluaran untuk peningkatan mutu benar-benar terkoordinasi sehingga tercipta suatu keseimbangan. Pada akhirnya dapat dihasilkan produk dengan kualitas tinggi dengan harga jual yang kompetitif dan dalam jangka panjang dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 77/04 Pus p
Uncontrolled Keywords: QUALITY CONTROL
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
MIRA PUSPITASARI, 049916552UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorARSONO LAKSMANA, PROF. DR. ., SE, AkUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 04 Jan 2017 22:39
Last Modified: 11 Jun 2017 19:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50503
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item