HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN SOSIAL DALAM KELOMPOK TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI LANSIA DI KARANG WERDHA "YUDISTIRA" KELURAHAN TENGGILIS MEJOVO KOTA MADYA SURABAYA

BAGUS ISWAHYUDI, 119610134 (2004) HUBUNGAN ANTARA KETERLIBATAN SOSIAL DALAM KELOMPOK TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI LANSIA DI KARANG WERDHA "YUDISTIRA" KELURAHAN TENGGILIS MEJOVO KOTA MADYA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
047 A.04 Isw h.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan postitif antara tingkat keterlibatan sosial dalam kelompok dengan tingkat kemampuan penyesuaian diri lansia di Karang Werda "YUDISTIRA" Kelurahan Tenggilis Mejoyo Kotamadya Surabaya. Penelitian ini digolongkan sebagai explanatory atau cO!~firmatory atau testing research. Populasi dalam penelitian ini adalah lansia laki-laki dan perempuan, berusia diatas 55 tahun, normal atau tidak sakit saat penelitian dan tidak buta huruf yang tercatat sebagai anggota Karang Werda "YUDISTIRA". Besarnya sampling dalam penelitian di tentukan dengan tabel Reaves dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh sampling sejumlah 59 orang (Reaves, 1992 :338). Menggunakan teknik simple random sampling dengan cara mengundi. Pengambilan data menggunakan 2 buah kuesioner yang masing-masing mewakili variabel X (Variabel Bebas) yaitu variabel Keterlibatan Sosial Dalam Kelompok dan Variabel Y (Variabel Terikat) yaitu Tingkat Kemampuan Penyesuaian Diri Lansia. Masing-masing kuesioner memiliki skor reliabilitas alpha (a) sebesar 0,9381 dan skor reliabilitas alpha (a) sebesar 0,9386 sehingga dapat dikatakan bahwa kedua kuesioner tersebut memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas. Dari uji normalitas, diperoleh KS-Z score kuesioner keterlibatan sosial lansia dalam kelompok karang werda adalah 1)92 dengan P:::' 0,05 (p = 0,071) dan KSZ score kuesioner tingkat kemampuan penyesuaian diri lansia adalah 0,715 dengan p :::. 0,05 (p = 0,686). Sedangkan pada uji linieritas diperoleh F sebesar 0,748 dan p = 0,783 (p :::. 0,05). Maka data telah memenuhi persyaratan untuk dianalisa menggunakan teknik Korelasi Product A10ment Pearson. Hasil uji hipotesa yang menggunakan teknik analisa regresi Korelasi Product A10ment Pearson diperoleh skor korelasi (rRy) sebesar 0,606 dengan pI ekor (one tail) S 0,01 yang berarti bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara variabel keterlibatan sosial dalam kelompok karang werda terhadap tingkat kemampuan penyesuaian diri lansia. Sehingga hipotesa kerja (H) yang menyatakan terdapat hubungan positip antara tingkat keterlibatan sosial dalam kelompok terhadap tingkat kemampuan penyesuaian diri lansia di Karang Werda "YUDISTIRA" Kelurahan Tenggilis Mejoyo Kotamadya Surabaya, yaitu: "Semakin tinggi skor keterlibatan sosial lansia dalam kelompok karang werda maka semakin tinggi pula skor tingkat kemampuan penyesuaian diri yang terjadi pada dirt lansia" terbukti dan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: PSYCHOLOGY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
BAGUS ISWAHYUDI, 119610134UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSUDARYONO, Drs., SUUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 04 Jan 2017 23:12
Last Modified: 04 Jan 2017 23:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50520
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item