Inovasi Heart Rate Monitoring Device (HRMD) sebagai pemantau Bradikardi dan Takikardi Berbasis Digital Image Processing Menggunakan Kamera pada Smartphone Android.

Muhammad Nuzul Nur Muslim, 081017045 (2016) Inovasi Heart Rate Monitoring Device (HRMD) sebagai pemantau Bradikardi dan Takikardi Berbasis Digital Image Processing Menggunakan Kamera pada Smartphone Android. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ST.T.37-16 Mus i ABSTRAK.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
ST.T.37-16 Mus i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu penyakit yang paling banyak dijumpai adalah penyakit jantung. Menurut World Health Organization (WHO) pada tahun 2008, penyakit jantung berada pada peringkat pertama sebagai pembunuh nomor satu di dunia. Heart rate monitoring merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur jumlah denyut jantung. Monitoring denyut jantung ini berfungsi sebagai langkah awal dalam memperoleh informasi secara umum tentang kondisi jantung kita sehingga kita dapat lebih berhati-hati dalam beraktifitas. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan perkembangan teknologi terutama smartphone Android untuk merancang sebuah sistem Heart Rate Monitoring. Dengan mengaplikasikan prinsip pada PhotoPlethysmografi, video kamera dan flash pada smartphone, aliran darah pada jari tangan dapat dideteksi. Aliran darah ini akan menyebabkan perubahan warna kulit yang akan ditangkap oleh kamera dan kemudian diolah dengan digital image processing untuk diestimasi heart rate-nya. Estimasi heart rate ini dihitung dari jarak rata-rata antar puncak hasil dari ekstraksi nilai rata-rata intensitas di color space tertentu. Program aplikasi Android hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat keberhasilan sebesar 95,6% pada color space Green dengan rentang waktu pengukuran 10 detik. Kata kunci: Heart Rate Monitoring Device, Plethysmografi (PPG), Heart Rate, Android, Kamera, Digital Image Processing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.37-16 Mus i
Uncontrolled Keywords: Heart Rate Monitoring Device, Plethysmografi (PPG), Heart Rate, Android, Kamera, Digital Image Processing.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Nuzul Nur Muslim, 081017045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndah Purwanti, S.Si., M.T.UNSPECIFIED
Thesis advisorFranky Chandra, S.T., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 05 Jan 2017 16:42
Last Modified: 11 Jun 2017 19:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50542
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item