PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN GAME ELEKTRONIK TERHADAP PERILAKU MENGGOSOK GIGI PADA SISWA KELAS 2 MI HJ. ASFIYAH SURABAYA

AKUB SELVIA, 131111053 (2015) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN GAME ELEKTRONIK TERHADAP PERILAKU MENGGOSOK GIGI PADA SISWA KELAS 2 MI HJ. ASFIYAH SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKP. N. 202-16 Sel p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anak usia sekolah merupakan kelompok usia yang rentan terhadap penyakit gigi dan mulut, terutama karies. Sebagian besar siswa yang mengalami gigi berlubang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan mereka adalah dengan menggunakan pendidikan kesehatan tentang menyikat gigi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan dengan game elektronik terhadap perilaku mengosok gigi pada siswa kelas 2 MI Hj. Asfiyah Surabaya. Penelitian Pra-eksperimental (one group pre-post test design) digunakan dalam penelitian ini. Populasi 25 siswa dari kelas 2. Total 25 responden yang dipilih dengan metode total sampling. Variabel independen dalam penelitian ini pendidikan kesehatan dengan game elektronik, sedangkan variabel dependennya adalah perilaku menyikat gigi. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Wilcoxon Signed Rank Test digunakan untuk dianalisis dengan (=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pendidikan kesehatan dengan game elektronik dengan pengetahuan (p=0,00), sikap (p=0,000) dan tindakan (p=0,000). Pendidikan kesehatan menyikat gigi untuk anak usia sekolah dapat menggunakan game elektronik. Perawat dapat menerapkan media ini agar memiliki cara yang lebih menarik dalam memberikan pendidikan kesehatan untuk meningkatkan perilaku menggosok gigi pada anak-anak usia sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 202-16 Sel p
Uncontrolled Keywords: brushing teeth, electronic game, knowledge, attitudes, action, school aged children
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsEmail
AKUB SELVIA, 131111053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorIka Yuni Widyawati, S.Kep., Ns., M.Kep., Ns., Sp KMBUNSPECIFIED
ContributorIqlima Dwi K, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 05 Jan 2017 17:45
Last Modified: 26 Mar 2018 23:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50556
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item