MOTIF PEAJALANAN WISATA BEROASARKAN ETNIS (STUDI DESKRIPTIF TENTANG MOTIF PERJALANAN WISATA ETNIS MADURA, TIONGHOA, DAN ARAB PENDUDUK KECAMATAN PABEAN CANTIAN DAN KECAMATAN SEMAMPIR, SURABAVA UTARA)

DILLIYANTI SEFTIYANA, 070110810-S (2005) MOTIF PEAJALANAN WISATA BEROASARKAN ETNIS (STUDI DESKRIPTIF TENTANG MOTIF PERJALANAN WISATA ETNIS MADURA, TIONGHOA, DAN ARAB PENDUDUK KECAMATAN PABEAN CANTIAN DAN KECAMATAN SEMAMPIR, SURABAVA UTARA). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
50650.pdf

Download (186kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada hakekatnya berpariwisata adalah suatu proses kepergian sementara dari seseorang atau lebih menuju tempat lainnya di Iuar tempat tinggalnya. Dorongan kepergiannya adalah karena berbagai kepentingan seperti kepentingan sosial, kebudayaan, politik, agama, kesehatan maupun kepentingan lain seperti sekedar ingin tahu daerah lain, menambah pengalaman, atau untuk belajar. Dorongan atau alasan inilah yang biasa disebut dengan motif perjalanan wisata. Untuk itulah penulis meneliti mengenai motif perjalanan wisata yang didasarkan pada masyarakat etnis Madura, Tionghoa dan Arab di Surabaya Utara karena ketiga etnis tersebut merupakan etnis terbesar di Surabaya selain etnis Jawa sendiri tentunya. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif serta penyajian data secara kuantitatif, dan perolehan data dilakukan dengan cara obervasi, wawancara dan penggunaan baban dokumen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif perjalanan dan obyek-obyek wisata yang menjadi pilihan masyarakat etnis Madura, Tionghoa dan Arab dan diharapkan semoga nantinya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan dalam mengembangkan pariwisata khususnya di Surabaya, karena pengetahuan tentang motivasi wisatawan dapat membantu penyelenggara pariwisata maupun pemerintah dalam meningkatkan kualitas industri pariwisata di Surabaya sesuai dengan permintaan pasar sehingga akan menjadi lebih baik dan dapat menarik pengunjung 1ebih banyak lagi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.58/05 Sef m (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: perjalanan wisata
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DILLIYANTI SEFTIYANA, 070110810-SUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAndy Umardiono, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 08 Jan 2017 19:21
Last Modified: 05 Jun 2017 20:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50650
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item