ANALISIS INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN SEBAGAI ALAT PENILAI TINGKAT KINERJA BADAN USAHA MILIK NEGARA Studi Kasus pada PT. Perkebunan 'X' (Persero)

LINTANG VENUSITA, 049510736 E (2001) ANALISIS INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN SEBAGAI ALAT PENILAI TINGKAT KINERJA BADAN USAHA MILIK NEGARA Studi Kasus pada PT. Perkebunan 'X' (Persero). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
50664.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberhasilan suatu perusahaan dalam menjalankan tugas dapat dilihat dari kemampuan manajemen dalam mengevaluasi pelaksanaan dimasa lalu dan melihat kemungkinan serta kescmpatan di masa mendatang baik jangka pendek maupun jangka panjang, selain itu kcberhasilan suatu perusahaan juga dapat dilihat dari informasi akuntansi keuangan yang -disajikan dalam laporan keuangan. Selain informasi akuntansi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan, informasi non keuangan juga diperlukan dan harus dapat dipahami oleh penggunanya sehingga akan mencapai sasaran yang diharapkan. Oleh sebab itu diperlukan analisis dan interpretasi yang melibatkan penilaian masa lalu, sekarang dan yang akan datang dengan tujuan untuk menemukan kelemahan - kelemahan dalam kinerja perusahaan yang dapat menyebabkan masalah di masa mendatang dan untuk menentukan kekuatan - kekuatan perusahaan yang dapat diandalkan. Demikian pula dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), meskipun tujuan BUMN harus tetap mengacu pada program pemerintah yaitu ikut berpartisipasi menunjang berhasiInya pembangunan dan mernberikan pelayanan kepada masyarakat, namun BUMN juga mengutamakan perolehan laba, maka dari itu analisis laporan keuangan BUMN juga diperlukan untuk mengetahui tingkat kinerja BUMN. Dengan berkernbangnya perekonomian dunia maka sarana sistem penilaian tingkat kinerja BUMN juga perlu disesuaikan dengan sistem penilaian yang mengaeu pada standar korporasi dunia sehingga mendorong BUMN untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing. Oleh karena itu pada tanggal 27 September 1999 dikeluarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN/ Kepala Badan Pembina BUMN, Nomor : KEP-215/ M-PBUMN/ 1999 yang berisi tentang tata eara penilaian tingkat kineIja BUMN,_ sebagai pengganti Kepu.tus-an, Menteri' Keuangan "Repilblik Iridohesia-N~moi : 198/ KMK.O i 6/ 1998 tanggal 24 Maret 1998 tentang penilaian tingkat kesehatan BUMN. Meskipun Keputusan -Menteri Negara Pendayagunaan BUMN/ Kepala Badan Pembina BUMN, Nomor : KEP-215/ M-PBUMN/ 1999 tent:ang tata earn _ -penilaian ting!<at kinerja BUMN dapat digunakan sebagai alat analisa informasi akuntiUtsi .keuangan yang euk'tlpbaik, akan tetapi kita tidak bisa mengambil kesimpulan hanya dengan mengandalkan angka rasio - rasio didalamnya, kar~na meski bisa berguna tetapi angka rasio juga memiliki berbagai keterbatasan sehingga harus digunakan ~eeara hati - hati untuk penilaian baik buruknya kondisi suatu perusahaarr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 205/01 Ven a
Uncontrolled Keywords: ACCOUNTING, FINANCIAL STATEMENTS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
LINTANG VENUSITA, 049510736 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSOEGENG SOETEDJO, Dr. , SE., Ak.,UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 08 Jan 2017 20:34
Last Modified: 05 Jun 2017 21:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50664
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item