SISTEM INFORMASI PEMASARAN SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN PENJUALAN PADA PT. PUPUK SRIWIDJAJA PPD JAWA TIMUR

YULI ARDIANTI (2001) SISTEM INFORMASI PEMASARAN SEBAGAI PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN PENJUALAN PADA PT. PUPUK SRIWIDJAJA PPD JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
50706.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bagian penjualan pada perusahaan yang menjual sendiri produknya, merupakan hal yang paling penting dan sangat diandalkan oleh perusahaan dalam memenuhi target penjualan. Begitu pula dengan PT PUSRI PPD JATIM yang menjadi obyek penelitian dalam Skripsi ini, perusahaan tersebut berperan sebagai pemasaran pupuk yang berkantor pusat di Palembang. Perusahaan ini sangat tergantung pada bagian penjualan lbagian pemasaran yang bertugas memasarkan dan mendistribusikan produk-produknya yang berupa pupuk ke daerah pemasaran yang tersebar di seluruh daerah Jawa timur. Sehingga dalam menjalankan usahanya seharihari manajemen penjualan ·harus membuat keputusan-keputusan yang menyangkut banyak hal, baik yang berhubungan dengan penjualan pupuk maupun yang berkaitan dengan masalah intern perusahaan yang berhubungan dengan pemasaran produknya, dimana hal tersebut membutuhkan keputusan-keputusan yang cepat dan tepat dari . seorang manajemen yang memimpin bagian tersebut. Dari evaluasi dua tahun terakhir yang dilakukan perusahaan, diketahui bahwa perusahaan men gal ami penurunan penjualan yang disebabkan karena rendahnya presisi keputusan yang diambil oleh manajemen penjualan secara komputerisasi disamping peningkatan biaya distribusi karena pencabutan subsidi pemerintah akibat krisis ekonomi Solusi terhadap masalah yang terjadi pada perusahaan tersebut antara lain dengan mengusulkan sebuah sistem informasi pemasaran (marketing information system-MKIS) yang akan membantu manajemen dalam rnembuat keputusankeputusan yang harus diambilnya sehubungan dengan kejadian yang berhubungan dengan pemasaran. Sistem iill ditujukan untuk rnendukung keputusan-keputusan yang harus dibuat oleh manajemen dengan jalan memberikan data dan analisa yang tepat dan relevan serta cepat dan tepat waktu, sehingga manajemen dapat nienyandarkan proses pembuatan keputusan keputusan pada informasi yang berasal dari suatu proses data yang akurat dari sistem ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 201/01 Ard s
Uncontrolled Keywords: DECISION-MAKING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
YULI ARDIANTINIM049822438-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorERINA SUDARYATI, Dra., Ms., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 08 Jan 2017 22:58
Last Modified: 06 Jun 2017 16:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50706
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item