ANALISIS PRAKTEK EARNINGS MANAGEMENT PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK JAKARTA

GUNAWAN SETIAJIT, 040117150 (2005) ANALISIS PRAKTEK EARNINGS MANAGEMENT PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA DI BURSA EFEK JAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK A 259-05 SET A.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Earnings management adalah usaha campur tangan manajemen tmtuk meningkatkan (menurunkan) kelmtungan yang terdapat dalam laporan ke'.IaIlgan untuk tujuan tertentu. Manajemen melakukan earnings management dalam laporan keuangan dengan tqjuan untuk mempengaruhi pasar, yaitu persepsi investor. Selain itu juga earnings juga merupakan salah satu dari banyak sinyal yang mungkin digunakan sebagai aClIan llntuk membuat keputusan-keputusan penting, misalnya menentllkan investasi. Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakab perusahaan yang melakllkan go public (issuer) melakllkan earnings management atau manajemen laba pada peri ode 2 tahun dan periode 1 talmn sebelum Initial Public Offering (IPO). Dalam penelitian ini yang menjadi obyek penelitian adalah perusahaan yang melakukan Initial Public qflering (IPO) antara tahun 2000 hingga tahun 2002 di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Dengan menggunakan metode purposive sampling, ada 40 perusabaan yang terpilih menjadi sampel. Pengukuran earnings management menggtmakan pendekatan current accrual. earnings management dengan pola income increasing ditandai dengan nilai discretionary accrual yang positif. Pada periode 2 tahun sebelum TPO terdapat 25 perusahaan (62,50 % dari sampel) yang memiliki nilai discretionary accrual yang positif. Sedangkan pada periode 1 tahun sebelum IPO, terdapat 29 perllsahaan (72,50 % dari sampel) yang memiliki nilai discretionary accrual yang positif. Pcngujian hipotcsis dcngan statistik parametrik yaitu uji one sample I-lest menunjllkkan bahwa nilai discretionary accnwl pada periode 2 tahlm dan 1 tahtm sebelum IPO memiliki nilai yang lebih besar dari 0 (nol). Hal ini bisa dilihat darj thitung > t-tabel, sehingga Ho ditolak dan HI diterima. Pengt~iian dengan uji one sample t-test menggtmakan program SPSS 10.0 jor Windows. Dari penelitian ini dapat diambil simpulan bahwa perusahaan yang akan go public melakukan earnings management dengan pola income increasing pada periode 2 tahun dan 1 tahun sebelum Initial Public Offering (IPQ)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 259/05 Set a
Uncontrolled Keywords: FINANCIAL STATEMENTS, STOCK
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4551-4598 Stock exchanges
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
GUNAWAN SETIAJIT, 040117150UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWIDI HIDAYAT, Drs., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 09 Jan 2017 00:20
Last Modified: 09 Jan 2017 00:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50726
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item