Pemodelan Jarak Pandang Pasien Katarak Pasca Operasi Menggunakan Pendekatan Multivariate Adaptive Regression Spline (Studi Kasus di Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur)

Risky Febrina Putri, 081211832001 (2016) Pemodelan Jarak Pandang Pasien Katarak Pasca Operasi Menggunakan Pendekatan Multivariate Adaptive Regression Spline (Studi Kasus di Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
50740.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
50740 ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mata merupakan alat penting untuk melihat dan mengetahui keadaan di sekitar sehingga kesehatan mata harus dijaga dengan baik. Apabila kesehatan mata tidak diperhatikan, hal itu dapat merugikan manusia karena mengakibatkan gangguan penglihatan yang akan mempengaruhi kualitas hidup manusia. Gangguan penglihatan merupakan suatu hambatan pada mata yang ditandai dengan penurunan tajam penglihatan ataupun menurunnya luas jangkauan pandang, yang dapat mengakibatkan kebutaan. Katarak merupakan penyebab kebutaan pertama di seluruh dunia. Katarak terjadi akibat adanya kekeruhan pada lensa mata, sehingga pasien katarak seolah-olah melihat adanya bayangan besar yang menghalangi penglihatan. Pemodelan jarak pandang pasien katarak pasca operasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi dapat dianalisis dengan menggunakan metode analisis regresi nonparametrik multivariat. Salah satu analisis regresi nonparametrik multivariate untuk mengetahui hubungan antar variable adalah pendekatan Multivariate Adaptive Regression Spline (MARS) dengan variabel respon mengalami perubahan terhadap jarak pandang pasca operasi atau tidak pada pasien katarak. Variabel prediktornya adalah usia(

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S 40-16 Put p
Uncontrolled Keywords: Katarak, Regresi Logistik Biner, Multivariate Adaptive Regression Spline (MARS).
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA273-280 Probabilities. Mathematical statistics
Creators:
CreatorsNIM
Risky Febrina Putri, 081211832001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuliyanto, Drs., M.Si,UNSPECIFIED
Thesis advisorElly Ana, Ir., M.Si,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Jan 2017 02:47
Last Modified: 06 Jun 2017 18:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50740
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item