KOMPUTER ONLINE DAN CITRA HOTEL (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PENGGUNAAN KOMPUTER ONLINE OLEH PUBLIC RELATIONS DI MARKETING DEPARTEMEN HOTEL INNA SIMPANG SURABAYA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DENGAN MEDIA CETAK JAWA POS DAN RADAR SURABAYA)

RUSMALIA TRI CAHYANI (2004) KOMPUTER ONLINE DAN CITRA HOTEL (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PENGGUNAAN KOMPUTER ONLINE OLEH PUBLIC RELATIONS DI MARKETING DEPARTEMEN HOTEL INNA SIMPANG SURABAYA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI DENGAN MEDIA CETAK JAWA POS DAN RADAR SURABAYA). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
Fis Pw 70-05 cah-k.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalarn perhotelan, komputer adalah alat bantu yang mutlak diperlukan karena dengan terus berkembangnya hotel, keadaan pasar berubah, sehingga tuntutan dan tantangan juga akan berubah. Kehadiran media online telah mengubah cara orang berkomunikasi. Dalam hal ini, Public Relations harus mampu memanfaatkan media online sebagai media utama dalam menyampaikan pesan. Dalarn penelitian ini penulis meneliti bagaimana penggunaan komputer online oleh Marketing Departemen khususnya Public Relations di Hotel Inna Simpang Surabaya sebagai sarana komunikasi dengan media cetak Jawa Pos dan Radar Surabaya. Metodologi penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif karena metode ini memaparkan situasi dan peristiwa yang dialami informan, yang menjadi penghubung antara peneliti dan informan. Berkaitan dengan kepentingan peneliti dalam kegiatan mengumpulkan data, maka diperlukan batasan masalah yang berfokus pada pokok masalah yang diteliti sehingga memudahkan penelitian. Pada penelitian ini, menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung dimana peneliti terlibat langsung pada kegiatan yang dilakukan oleh informan, serta wawancara terstruktur yaitu peneliti menetapkan sendiri masalah dan pertanyaan yang akan diajukan. Untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk menjawab permasalahan penelitian ini, penulis menjadikan Marketing Manager, Public Relations, Wartawan, sebagai informan. Kerangka pemikiran yang ditulis dalam penelitian ini selain dibuat sendiri oleh penulis juga diambil dari buku-buku yang berhubungan dengan penelitian ini. Kemudian data-data tersebut diseleksi lalu disajikan dan dianalisa dari bab I untuk dapat ditarik kesimpulan yang menjawab pemasalahan. Setelah me]akukan proses penelitian diatas, diketahui bahwa penggunaan komputer online di Marketing Departemen khususnya oleh Public Relations sebagai sarana komunikasi dengan media cetak Jawa Pos dan Radar Surabaya tidak maksimal. Hal ini dikarenakan kurangnya sumber daya manusia dalam penguasaan komputer online serta kurangnya sarana dan prasarana komputer online. Seringnya diadakan pelatihan tentang penggunaan komputer online merupakan syarat utama maksimalnya penggunaan komputer online serta peningkatan sarana dan prasarananya. Dalam hal ini semua tergantung pada manajemen hotel serta motivasi Public Relations dalam memaksimalkan penggunaan komputer online.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.70/05 Cah k (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: public relations
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
RUSMALIA TRI CAHYANINIM070112826-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Nurdin Razak, S.Sos.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 09 Jan 2017 18:05
Last Modified: 09 Jan 2017 18:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50772
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item