THE INFLUENCE OF LADY MACBETH TO HER HUSBAND'S CHARACTERISATION AS SEEN ON WILLIAM SHAKESPEARE'S MACBETH C (AN ANALYSIS ON AMBITION)

ROSALIEN D.M, NIM019715480 (2002) THE INFLUENCE OF LADY MACBETH TO HER HUSBAND'S CHARACTERISATION AS SEEN ON WILLIAM SHAKESPEARE'S MACBETH C (AN ANALYSIS ON AMBITION). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KK FS BE 15.02 Ros i.pdf

Download (122kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai gambaran dad kehidupan nyata, karya sastra umumnya memuat nilainilai falsaiah hidup yang seringkali dilupakan. Dengau mempelajari nilai-nilai tersebut maka suatu karya sastra menjadi sesuatu yang sangat berharga. Secara umum proses ini akan mernbawa pembaca pada suatu pemahaman hidup yang lebih baik· sedang dilain pihak secara khusus kitajuga akan lebih mampu memahami beragam jenis karakter yang ada. Melalui karya William Shakespeare yang bel:iudul Macbeth, penulis berusaha mengernbangkan pernahaman nilai-nilai ini dalam sebuah studi khusus terhadap suatu karakteristik tertentu. Obyek studi ini difokuskan pada alllbisi yang mel1lpakan salah satu dari sekian banyak karakteristik manusia yang beragam. Tujuan utama studi ini adalah untuk mempelajari ambisi Lady Macbeth, bagaimana karakter lain dalam kisah tersebut t.erpengaruh oleh arnbisi tersebut-khususnya dalam hal ini Macbeth. suaminya-serta bagaimaJla ambisi tersebut mempengaruhi kesuksesan ataupun kegagalan yang nantinya akan dialarnj oleh keduanya . Dalam menganalisa karya ini penulis menggtmakan pendekatan psikologis disertai studi intrinsik terlIadap karak1erisasi Lady Macbeth. Dengan mengacu pada teori insl~ntif dari konsep motivasi, penulis bel1lsaha rnenelih apakah ambisi tersebut bt-rfungsi sebagai insentif atau stimuli bagi perilaku Macbeth atau tidak. Teknik yang digunakan adalah metode deskripsi tel1ltama beriokus pada lUlSur-lUlSur penting yang ada daJam karya tersebut. Analisa ini dibagi menjadi empat bagian: karakterisasi Lady Macbetll sebelum nan sesudah pembunuhan yang dilakukan terhadap DlIDcan, penjelasan tentang runbisi Lady Macbeth berdasarkan motifilya llntuk mengambil alih kekuasaan, pembenaran dari pengaruh ambisi tersebut terhadap perilaku suarninya dan akhimya studi terhadap hasil akhir kisah tersehut akibat perilaku mereka yang terdahulu. Keempat bagian ini akan semakill mendekatkan kita pada diskusi tentang arnbisi khususnya yang terdapat dalam karya ini . .-'\nalisa ini bukan saja diharapkan bisa mernberikan pernahaman sastra yang lebih baik namun juga untuk meningkatkan kesadanm manusia dalam rnemilih jalan yang tepat bagi hidupnya. Dengan bercemlin dari kejadian-kejadian. beragam karakteristik serta masaJah-masalah yang muncul dalam karya irai, sebagian dari kita diharapkan hisa sernakin menyadari hahwa baik tidaknya ambisi tersebut sangat bergantung pada kualitas manusianya selia proaes pencapaian ambisi itu sendiri. Semua pilihan akan kembali pada manusianya, apakah ambisi terse but akan membawa mereka pada kesuksesan ataukah sebaliknya akan mengakibatkan suatu kegagalan yang tragis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: ENGLISH, SHAKESPEARE'S, LITERATURE
Subjects: P Language and Literature > PR English literature > PR83 English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
ROSALIEN D.M, NIM019715480NIM019715480
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSUMITRO, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 09 Jan 2017 18:56
Last Modified: 09 Jan 2017 18:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50798
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item