ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEN PAYOUT RATIO (PERUSAHAAN MANU FAKTUR GO PUBLIC DI PT. RES)

ROSITA KUSUMAWARDANI, 049916500 (2004) ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEN PAYOUT RATIO (PERUSAHAAN MANU FAKTUR GO PUBLIC DI PT. RES). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 266-04 Kus a.pdf

Download (499kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebijakan dividen menyangkut keputusan untuk: membagikan laba atau menahannya guna diinvestasikan kembali dalam perusahaan, sehingga dalam kebijakan dividen terdapat dua kondisi yang saling bertentangan, yaitu kepentingan para pemegang saham dengan dividennya, dan kepentingan perusahaan dengan laba ditabannya. Penelitian ini berkaitan dengan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi dividen payout ratio yang dibatasi pada analisis pengaruh tikuiditas, kebutuhan untuk: melunasi hutang dan tingkat pertumbuhan perusahaan terhadap dividen payout ratio pada perusahaan manufaktur yang go public di Bursa Efek Surabaya, pada periode penelitian 1999-2001. Sampel didapatkan dengan metode purposive sampling dan didapatkan sebanyak 46 perusahaan, lalu dianalisis dengan menggunakan persamaan regresi tinier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan dividen payout ratio pada perusahaan manufaktur secara signifikan dipengaruhi oleh likuiditas, kebutuhan untuk: melunasi hutang dan tingkat pertumbuhan perusahaan, sedangkan secara parsial hanya variabel likuiditas saja yang berpengaruh signifikan. Dividen payout ratio juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar model yang pengaruhnyacukup besar yaitu sebesar 87,2%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 266 / 04 Kus a ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DIVIDEN PAYOUT RATIO (PERUSAHAAN MANU FAKTUR GO PUBLIC DI PT. RES)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ROSITA KUSUMAWARDANI, 049916500UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSOEGENG SQETEDJO, Dr. . SE., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 11 Jan 2017 16:09
Last Modified: 11 Jan 2017 16:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50849
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item