BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT BANTU MENGIDENTIFIKASI CRITICAL SUCCESS FACTORS (CSFs) DALAM STRATEGI BERSAING PADA HOTEL PERDANA GRESIK

SIGIT DANUARTO, 049912930E (2008) BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT BANTU MENGIDENTIFIKASI CRITICAL SUCCESS FACTORS (CSFs) DALAM STRATEGI BERSAING PADA HOTEL PERDANA GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-danuartosi-6200-a21907.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-danuartosi-6200-.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kemajuan teknologi yang sangat berpengaruh pada kegiatan perekonomian membuat setiap perusahaan melakukan usaha-usaha yang dapat meningkatkan kemampuannya agar dapat bersaing di pasaran dan dapat memenangkan kompetisi dengan pesaingnya. Oleh karana itu diperlukan penerapan visi, misi, dan strategi secara tepat oleh perusahan agar dapat terus manjalankan usahanya dan dapat bertahan hidup. Penelitian ini dilaksanakan pada Hotel Perdana Gresik, yang selama ini belum menerapkan balanced scorecard. Dengan menggunakan balanced scorecard, Hotel Perdana Gresik dapat melakukan pengukuran kinerja dengan cara menyeluruh baik dari segi keuangan maupun non keuangan kedalam empat perspektif yang berbeda. Dalam mengukur kinerja perusahaan, keempat perspektif dalam balanced scorecard terdiri dari beberapa faktor keberhasilan kritis atau critical success factors (CSFs). CSFs merupakan tolak ukur dari aspek-aspek kinerja perusahaan yang penting terhadap keunggulan kompetitifnya dan keberhasilannya. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif berdasarkan survey yang dilakukan, diperoleh data-data yang diperlukan, baik berupa data kualitatif maupun kuantitatif dari sumber data primer maupun sekunder. Selanjutnya dilakukan pengolahan data yang diperoleh dan kemudian membandingkannya dengan landasan teori yang ada sehingga dapat dihasilkan penerapan balanced scorecard dengan model atau kerangka kerja yang sesuai dengan keadaan yang ada. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlunya penerapan balanced scorecard sebagai sistem pengukuran kinerja pada Hotel Perdana Gresik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas jasa pelayanan keseluruhan yang diberikan kepada pelanggan atau tamu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.219/07 Dan b
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PLANNING; HOTELS � EMPLOYEES
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB135-147 Mathematical economics. Quantitative methods
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SIGIT DANUARTO, 049912930EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWIDI HIDAYAT, Dr., H., SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 25 Feb 2008 12:00
Last Modified: 14 Jun 2017 16:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5088
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item