PENSIUNAN DAN RENTENIR (Studi mengenai pola hubungan Sosial Pensiunan dan Rentenir di Bank Tabungan Pensiunan Nsional, Jalan Indrapura Surabaya)

WIDIJANTO JUDONO, 079213825 (1999) PENSIUNAN DAN RENTENIR (Studi mengenai pola hubungan Sosial Pensiunan dan Rentenir di Bank Tabungan Pensiunan Nsional, Jalan Indrapura Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis Ant.04-00.Jud p.pdf

Download (168kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pemenuhan kebutuhan kredit bagi para pensiunan oleh pemerintah, disalurkan lewat pemberian kredit bank melalui bank-bank yang sudah ditunjuk sebelumnya. Maksud dad keputusan tersebut diantaranya adalah untuk memberantas. praktek pinjaman liar, yaitu rentenir, selain sebagai sarana untuk mensejahterakan kehidupan para pensiunan itu sendiri. BTPN sebagai salah satu bank resmi pemberi kredit pensiunan, pada kenyataanya justru berhadapan langsung dengan para rentenir, karena daerah operasi rentenir yang berada disekitar bank tersebut. Memang harus diakui bahwa rentenir, sebagai salah satu penyedia kredit informal, masih berperan dalam masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari keunggulankeunggulan kredit informal itu sendiri dibanding dengan rentenir. Sedangkan segi negatif dari kredit ini bukan menjadi halangan para pensiunan untuk menjalin hubungan sosial dengan mereka. Dalam pendekatan pertukaran sosial, maka dalam suatu hubungan sosial antara remenir dan pensiunan, yang menjadi obyek pertukaran tidak hanya hal yang bersifat ekonomi semata, melainkan juga hal yang bersifat non ekonomi, yang lebih bersifat psikologis. Kemudian dalam suatu hubungan sosial tidak selamanya pertukaran yang terjadi bisa bersifat seirnbang atas dasar prinsip resiprositas yang adil, disana juga terdapat aspek kekuasaan, maupun rasionalitas dan eksploitasi. Aspek-aspek tersebut tentunya menjadi sangat berpengaruh terhadap bentuk atau tipe dari hubungan sosial yang terjadi. Kemudian dalam hubungan sosial tersebut didalamnya terdapat juga proses-proses sosial, seperti kerjasama (cooperation), persaingan (competition), maupun konflik (conflict). Proses-proses tersebut kenyataannya juga tidak hanya terjadi antara rentenir dan pensiunan, tapi melibatkan juga orang lain dalam lingkungan hubungan sosial tersebut. Studi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang karena itu lebih bersifat deskriptif, sehingga mencoba untuk menggambarkan secara mendalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 04-00 Jud p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL CHANGE
Subjects: H Social Sciences
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
WIDIJANTO JUDONO, 079213825UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDLaurentius Dyson P, Dr., M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 10 Jan 2017 22:47
Last Modified: 10 Jan 2017 22:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50886
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item