PERANAN ANALISIS Z - SCORE DAN RASIO SEBAGAI INDIKATOR KESEHATAN PERUSAHAAN PADA PT INDAH KIAT PVLP DAN PAPER TBK

MARIA SUSANTI, 049916277 (2003) PERANAN ANALISIS Z - SCORE DAN RASIO SEBAGAI INDIKATOR KESEHATAN PERUSAHAAN PADA PT INDAH KIAT PVLP DAN PAPER TBK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 267-03 Sus p.pdf

Download (515kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kondisi krisis ekonomi yang tel:iadi scjaK tahull 1097 dittll11bah dengan banyaknya produk-produk kertas impor yang ditawarkan dengan harga dumping menyebabkan banyak pengusaha pulp dan paper mcngalumi kcsulitan Agar dapat bertahan dalam kondisi tcrscbut pihak l11unajemen memerlukan suatu alat analisis yang dapal digllnakan lIntlik Im:t1gctahui prestasi dan kondisi keuangan perusahaan. Alat analisis yang biasa digunakan oleh para analis adalah analisis rasio dan analisis Z-Score. Para pemakai laporan keuangan dapat rnenggunakan anal isis Z-score untuk mengetahui kesehatan keuangan perusahaan, apakab dalam keadaan sehat, kesulitan keuangan atau kecenderungan untuk bangkrul, kemlldian dengan analisis rasio dapat diketahui faktor-faktor penyebab dari keslilitan kcuangan. Analisis rasio yang digunakan adalah rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitus, dun rcntubiiitas. Penelitian lni menggunakan pendekat::m kuantitatif, karena ingin menguji dugaan peneliti bahwa kesehatan keuangan pcrusahaan ada kecenderungan untuk bangkrut Jenis-jenis data yang digunakan adalah data kualitatif oerupa propektus perusahaan dan data kuantitatifberupa iaporan keuangan, hurga saham, daftar kurs. , Kondisi keuangan PT Indah kiat Pulp dan Paper Tbk sebagai salah salu anak perusahaan produsen pulp dan kertas terbesar di Asia, berdasarkan hasil perhitungan nilai z menunjukkan bahwa pada tahun 1995-1999. pcrllsahaan hanya mengalami kesulitan keuangan ( nHai z diantara 2.6 dan 1.1 ), sementara pada tahun 2000-200 I kondisi keuangan perusahaan tidak hanya mengalami kesulitan kellangan tetapi ada kecenderungan untuk bangkrut ( nilai z dibawahl. I ). Kondisi keuangan perusahaan tersebut berdasarkan hasil perhitungan nilai-nilai rasio, disebabkan oleh karena kurang baiknya manajemen persediaan dan piutang, pcncmpatan yang berlebih pada aktiva tetap, dan ketergantungan pada modal pinjaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 267 / 03 Sus p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: PERANAN ANALISIS Z - SCORE DAN RASIO SEBAGAI INDIKATOR KESEHATAN PERUSAHAAN PADA PT INDAH KIAT PVLP DAN PAPER TBK
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MARIA SUSANTI, 049916277UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Suyunus, MAFIS, Drs. ,AKUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 11 Jan 2017 16:40
Last Modified: 11 Jan 2017 16:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50923
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item