INDIKASI PERILAKU ANTI PERSAINGAN PADA PENGAFKIRAN DINI INDUK AYAM (PARENT STOCK) DI WILAYAH JAWA TIMUR

RIZQI YOGA PRATAMA, 031211131144 (2016) INDIKASI PERILAKU ANTI PERSAINGAN PADA PENGAFKIRAN DINI INDUK AYAM (PARENT STOCK) DI WILAYAH JAWA TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
FH.199-16 Pra i abstrak.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FH.199-16 Pra i.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan usaha merupakan salah satu bentuk aktifitas bisnis yang dari zaman menuju zaman terus berkembang di Indonesia. Kebaradaan wilayah-wilayah di Indonesia tidak lepas dari halnya sektor-sektor indsutri, baik industri perdagangan produk maupun jasa. Tidak ada barang maupun jasa yang dipasarkan tanpa melalui persaingan. Dunia pemasaran saat ini harus bersifat Customer Oriented dan Competition Oriented. Belakangan ini industri perunggasan menjadi salah satu perbincangan yang hangat dalam dunia industri di Indonesia. Wilayah Jawa Timur menjadi salah satu pasar yang di indikasi terdapat perilaku anti persaingan yang dilakukan oleh para pelaku usaha besar pembibitan unggas. Salah satu amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Prkatek Monopli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat adalah menciptakan persaingan usaha yang sehat antara pelaku-pelaku usaha sesuai dengan asas demokrasi ekonomi. Hal ini bermaksud untuk menjaga stabilitas dan keseimbangan perekonomian nasional dan menciptakan iklim persaingan usaha yang tidak merugikan bagi para pelaku usaha lain maupun konsumen. Pembentukan Komisi Pengawas Persaingan Usaha memiliki kewenangan untuk menerima laporan, meneliti, memutuskan, menetapkan dan kewenangan pemberian sanksi tentang indikasi adanya perilaku anti persaingan yang dilakukan oleh beberapa pelaku usaha besar khususnya dalam industri perunggasan. Indikasi perilaku anti persaingan yang dilakukan oleh beberapa perusahaan besar di bidang industri perunggasan menjadi alasan hambatan masuk bagi pelaku usaha lain yang tidak memiliki kekuatan untuk masuk pasar. Keberadaaan peraturan-peraturan yang berkaitan dengan industri perunggasan diantaranya adalah Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2010 tentang Pertanian dan Kesehatan Hewan serta kebijakan Pemerintah melalui Surat Edaran Kementrian Pertanian Nomor 15043/FK.010/F/10/2015 tanggal 15 Oktober 2015 sangat erat kaitannya dengan regulasi yang dilaksanakan oleh pelaku usaha besar pembibitan unggas di wilayah Jawa Timur. Indikasi adanya perilaku anti persaingan yang timbul dari peraturan-peraturan kebijakan pemerintah maupun perilaku pelaku usaha besar pembibitan unggas dalam pengafkiran dini induk ayam mempengaruhi harga ayam di pasar Jawa Timur. KATA KUNCI : Anti Persaingan, Industri Perunggasan, Jawa Timur Penyesuaian Populasi Parent Stock, Kebijakan Pemerintah , Surat Edaran, Regulasi, Pengafkiran Dini Induk Ayam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.199-16 Pra i
Uncontrolled Keywords: Anti Persaingan, Industri Perunggasan, Jawa Timur Penyesuaian Populasi Parent Stock, Kebijakan Pemerintah , Surat Edaran, Regulasi, Pengafkiran Dini Induk Ayam.
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
RIZQI YOGA PRATAMA, 031211131144UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRia Setyawati, S.H., M.H., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Jan 2017 23:29
Last Modified: 11 Jan 2017 23:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50964
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item