REMAJA PUTERI KORBAN NARKOTIKA (STUDI KASUS TENTANG PENYEMBUHAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI PONDOK REMAJA INABAH II PUTERI CICEURI PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA JAWA BARAT

RUSDIAN YUSRI, 079314216 (1998) REMAJA PUTERI KORBAN NARKOTIKA (STUDI KASUS TENTANG PENYEMBUHAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI PONDOK REMAJA INABAH II PUTERI CICEURI PESANTREN SURYALAYA TASIKMALAYA JAWA BARAT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS 343-98 YUS R.pdf

Download (728kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah penyalahgunaan narkotika semakin ramai dibiearakan, hampir setiap hari media massa memberitakan tentang masalah penyalahgunaan narkotika ini. Kelompok terbesar yang menjadi korban penyalahgunaan narkotika adalah remaja muda antara usia 16-25 tahun. Yang dimaksud dengan penyalahgunaan narkotika itu sendiri adalah slIatli perbuatan pemakaian narkotika seeara menyimpang yang digllnakan bukan untuk tujuan pengobatan. Untuk menangani masaJah remaja yang terlibat penyaJahgunaan nurkotika dapat digunakan bcrbagai pendckntan. salah satllnya dcngan pendekatan keagamaan, khususnya agama Islam. Seperti yang diterapkan di Pesantren Suryalaya Tasikmalaya, dengan Pondok Inabahnya yang sudah tcrkenal sebagai pesantren tempat penyembuhan dan pernbinaan bagi remaja yang terlibat penyalahgunaan narkotika melalui pengamalan ajaran Tareqot Qodiriyyah Naqsyabandiyyah. Penelitian 1111 dilakukan untuk mengetahui apa yang mclatarbelakangi remaja puteri sampai terlibat masaJah penyalahgunaan narkotika. Serta untuk mengetahui sejauhmana Pondok Remaja Inabah bisa dijadikan sebagai pilihan tempat penyembuhan korban penyalahgunaan narkotika. Dalam penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Talleot Parson dan beberapa teori tentang motivasi untuk menjelaskan permasalahan yang diajukan. Lokasi penelitian dipilih secara purposive di Pondok Remaja Inabah II Puteri Ciceuri Panjalu Pesantren Suryalaya, Kabupaten Tasikmalaya. Informan dalam penelitian ini adalah 16 orang, 7 orang diantaranya dijadikan sebagai responden yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui beberapa teknik yang dipadukan, observasi atau pengamatan, wawancara, dan data sckunder. Data yang ada dianalisa secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan latar belakang penyebab keterlibatan remaja puteri tcrhadap narkotika yang bcrbeda-bcda menunjukkan bahwa proses penyembuhan dengan menggunakan metode Tareqot Qodiriyyah Naqsyabandiyyah yang diterapkan di Pondok Remaja lnabah H Puteri ini dinilai lebih cepat berhasil. Karena dalam waktu yang re/atif singkat anak bina tersebut sudah dapat dikatakan sembuh, dari ketergantungan menjadi tidak ketergantungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 S 343/98 Yus
Uncontrolled Keywords: NARCOTICS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF207-209 Psychotropic Drugs
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
RUSDIAN YUSRI, 079314216UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorUdji Asiyah, Dra. , MsiUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 12 Jan 2017 18:26
Last Modified: 09 Jun 2017 17:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50983
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item