USAHA DEPNAKER DALAM PENYALURAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PELAKSANAAN KOORDINASI ANTARA DEPARTEMEN TENAGA KERJA DENGAN PERUSAHAAN SWASTA DALAM PENYALURAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA DI KOTAMADYA SURABAYA)

ANAK AGUNG RAKE YUARINI, 079213600 (1998) USAHA DEPNAKER DALAM PENYALURAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PELAKSANAAN KOORDINASI ANTARA DEPARTEMEN TENAGA KERJA DENGAN PERUSAHAAN SWASTA DALAM PENYALURAN DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA DI KOTAMADYA SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS AN 182-98 YUA U.pdf

Download (757kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perluasan kesempatan kerja merupakan kebutuhan yang m8k in mendesak bagi negara yang sedang berkembang t.erm8::;uk Indonesia. Salah satu sektor yang cukup berperan dalam perluasan kesempatan kerja adalah perusahaan swasta. DaLam rangka mengisi kesempatan kerja yang tersedia di perusahaan perusahaan swasta dengan tenaga yang terampil, terdidik dan sesuai dengan keahlian masing-masing. serta pemerataan kesempatan kerja, maka diperlukan suatu informasi yang baik antara perusahaan swasta yang membutuhkan tenaga kerja dengan pencari kerja melalui Departemen Tenaga Kerja. Untuk itu salah satu langkah yang telah diambil Pemerlntah adalah dengan mengeluarkan Keputusan Presiden Homor 4 Tahun 1980 tentang wajib lapor lowongan pekerjaan. Dengan lokasi penelitian di kotamadya Surabaya, penulis berusaha melihat bagaimana pelaksanaan koordinasi antara Departemen Tenaga Kerja dengan perusahaanperusahaan swasta dalam penyaluran dan penempatan tenaga kerja. Seciangkan fokus penelitian secara umum adalah bentuk dan mekanisme pelaksanaan koordinasi serta penyerapan tenaga kerja pada tiap sektor usaha. Adapun subyek penelitiannya adalah Kepala Seksi Penta Kerja, Staf Seksi Pengawasan, Staf Seksi Pelatihan dan Produktivitas serta Kasubag Tata Usaha. Tehnik Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara maupun studi dokumenter yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Dari hasil temuan data dan anallsls menunjukkan bahwa pelaksanaan koordinasi antara Departemen TenagB Kerja dengan perusahaan-perusahaan swasta masih kurang berjalan dengan balk karena masih banyak perusahaan swasta yang belum memberikan laporan Iowongan pekerjaan kepada Departemen Tenaga Kerja. Selain itu masih terdapat hambatan lain seperti terbatasnya jumlah petugas Depnaker yang melakukan kunjungan perusahaan. terbatasnya sarana dan prasarana serta kualifikasi pencari kerja yang tidak sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis AN 182/98 Yua u
Uncontrolled Keywords: DEPARTMENT OF MANPOWER, LABOR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7795-8027 Labor policy. Labor and the state
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsEmail
ANAK AGUNG RAKE YUARINI, 079213600UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorROESTOTO HARTOJOPUTRO, Drs., SUUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 13 Jan 2017 00:37
Last Modified: 09 Jun 2017 17:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50987
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item