MODEL-MODEL PERSUASIF PENGAMEN BUS KOTA DAN ANTARKOTA

HARTANTO, 079615336 (2002) MODEL-MODEL PERSUASIF PENGAMEN BUS KOTA DAN ANTARKOTA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk FS BI 10.02 Har m.pdf

Download (120kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian model-model persuasif pengamen bus kota dan antarkota 1ni didasari oleh sebuah asumsi bahwa pengamen yang mempunyai pandangan negatif di mata sebagian masyarakat tentunya mempunyai usaha agar tindakan yang dilakukannya mampu memberikan hasil yang maksimal. Mereka temyata mcmpunyai scbuah usaha yang akan terlihat pada muncul sebuah bentuk-bcntuk persuasif pada !vIC dan lagu yang mereka bawakan. Model-model persuasif tersebut ternyata mempunyai keberagaman dalam usahanya mempengarnhi penumpang yang mempunyai kelas sosial yang heragamam pula. Penelitian ini akan menggunakan sebuah formula AIDDA, yaitu perhatian (allenlion), minat (mleres!), hasrat (desire). keputusan (decision), linJakar. (action) sebagai langkah awal untuk mendeskripsikan model-model persuasif yang ada. Sctelah terbagi-bagi me~jadi model-model persuasif sesuai dengan formula tersebut kemudian diikuti oleh analisis leksikal, semantik, dan gaya berdasa.r atas verba-verba i!okusi, perencanaan komunikasi persUasif sebagai ilmu bantu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik perekaman untuk memperoleh data. Peneltti dalam hal ini berperan dalam menentukan data-data mana yang akan digunakan. Hal illi bertljjuan agar dapat dlketahui sampai sejauh mana keberagaman yang ditemukan pada model-model persuasif pengamen bus kota dan antarkota. Setelah itu data dilranskripsikan dan dipilah-pilah berdasarkan jbrrnula AIDDA. Pemilahan ini di samping untuk mempennudah melihat model-model persllasif yang ditemukan juga bertujuan untuk membantu proses pengambilan kesimpulan, yaitu dalam menentukan bentuk-bentuk leksikal, semantik, dan gaya yang dominan dikalangan pengamen bus kota dan antarkota. Setelah itu barn dije]askan faktorfaktor yang mendasari pengamen menggunakan model-model persuasif itu, baik faktor eksternal maupun internal. Hasil penelitian ini menu~jukkan bahwa pengamen bus kota dan antarkota mcnggunakan model-model persuasif yang berbeda-beda sesuai dengan jhrmu/£1 AIlJDA yang diajukan. Hal ini dipengarnhi faktor eksternal, yaitu fal'1or lingkungan, pergaulan serta fal'1or internal, yaitu motivasi yang mendasari dirinya untuk menekuni sebagai pengamen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: LITERATURE
Subjects: P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
HARTANTO, 079615336UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBEA ANGGRAEINI, DraUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 15 Jan 2017 21:58
Last Modified: 15 Jan 2017 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51087
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item