ANALISIS ISI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI HARIAN SURYA (Studi Deksriptif Iklan Layanan Masyarakat di Harian Surya Periode Mei-Agustus 1998)

NOVANTO RACHMATIKA, 079313939 (1999) ANALISIS ISI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI HARIAN SURYA (Studi Deksriptif Iklan Layanan Masyarakat di Harian Surya Periode Mei-Agustus 1998). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 36-99 RAC A.pdf

Download (742kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia telah menimbulkan banyak gejolak di masyarakat dalam berbagai bidang baik ekonomi, politik, hukum maupun sosial budaya. Gejolak·gejolak yang berwujud protes dan unjuk rasa dan berbagai lapisan masyarakat ini makin mempersulit upaya pemerintah untuk mengatasi krisis yAng terjadi, Gelombang unjuk rasa ini akhimya menjalar menjadi kerusuhan ketika enam mahasiswa Trisakti tewas tertembak. Peristiwa ini kemudian menjadi pemicu te~adinya perubahan peta politik dimana terjadi pergeseran kekuasaan dalam pemerintahan. Mesklpun demikian gejol.ak. -gejolak ketidak puasan masih banyak terjadi dimana·mana. Oi dalam rentetan peristiwa tersebut terdapat fenomena menarik rlim~nJ:l pAr~n mp,rli~ massa sebagai surveillance ( pengawas lingkungan ) di dalam meredam gejolak yang te~adi di masyarakat sangat berartL Salah satu bentuk pesan yang ditampilkan oleh media massa tersebut adalah Iklan Layanan Masyarakat. Melalui iklan tersebut, mf=!dia massa mf=!nc:-.oha membangkitkan kesadaran masyarakat terhadap peristiwa yang terjadi, yaitu penstiwa-penstiwa yang patut mendapat perhatian lebih dan masyarakat. Karena itu penelitian mencoba mengungkapkan tema-tema apa saja yang banyak ditonjolkan media massa dalam !k!an Layanan Masyarakat selama periode Mei-Agusuts 1998. Penelitian ini menggunakan tataran analisis deskriptif. Metode pengumpulan datanya m~ngalJn?k.?1'"I ?l'"Ialisis isi dengan unit analisis tematik dan fisik Teoti yang digunakan dalam penelitian ini ada/ah teon !klan di Surat Kabar, !klan Layanan Masyarakat, Surat Kabar sebagai Media Massa & Media untuk 8eriklan. Pengambil;an ~::amr,::.1 menooun;:.kan total sampling. Teknk pengumpulan data dengan menggunakan teknik pencatatan data berdasarkan kategorisasi yang telah ditentukan. dan pada analisis datanya dengan menggunakan tabel frekuensi beserta penjelasan tabel berdasarkan teoti yang dipakai dalam penelitian inL Pene!itian in; menemukan bahwa selama periode Mei -Agustus 1998 terdapat 64 buah Iklan Layanan Masyar~k~t rlp.ng~n rata-rat::a II IJ:lS fisik II M tiap bulannya adalah 401,9 cm2 . Tema-tema yang mucul adalah sebagai berikut ; Kesejahteraan Rakyat, Pendidikan dan Kebudayaan ; Politik, Aparatur Negara, Penerangan, Komllnikasi dan Media Massa ;Pertahanan dan Keamanan. Kecenderungannya frekuensi ILM dengan tema Kesejateraan Rakyat, Pendidikan dan Kebudayaan k:::lf4::~~!Jnri masalah pendidikan dan kesehatan yang lebih banyak muncuL

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 36/99 Rac a
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING, MASS MEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
NOVANTO RACHMATIKA, 079313939UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorS.S. ANDARINI, Dra., SU.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 15 Jan 2017 22:06
Last Modified: 09 Jun 2017 19:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51089
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item