KOMPETISI ANTAR ACARA INFOTEINMEN (Analisis Isi Kompetisi Iklan Komersial pada Acara Kabar-kabari dan Cek & Ricek di RCTI Selama Periode Januari-Maret 1999 dengan Aplikasi Teori Niche)

Wulan Wldyastuti Kusumawardani, 079414287 (1999) KOMPETISI ANTAR ACARA INFOTEINMEN (Analisis Isi Kompetisi Iklan Komersial pada Acara Kabar-kabari dan Cek & Ricek di RCTI Selama Periode Januari-Maret 1999 dengan Aplikasi Teori Niche). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 38-99 KUS K.pdf

Download (754kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Informasi mengenai publik figur selalu mendapat perhatian yang besar dari khalayak. Hal ini mendasari RCTI untuk menayangkan paket acara yang berisi informasi mengenai kegiatan publik figur tersebut, baik itu artis, selebritis, pejabat maupun orang terkenal lainnya. Paket informasi tersebut ditayangkan oleh RCTI dalam dua acara, yang disebut sebagai acara infoteinmen, yaitu Kabarkabari dan Cek dan Ricek. Adanya persamaan jenis, format, segmentasi serta jam tayang pada acara ini menjadikan satu sarna lain bersaing dalam memperebutkan iklan sebagai salah satu faktor terpenting dalam menunjang kelangsungan acara tersebut. Alasan itulah yang membuat peneliti ingin meneliti adanya tingkat kompetisi dalam memperebutkan iklan antar kedua acara tersebut. Penelitian ini akan mencoba untuk mencari nilai Niche Breatdh antara kedua acara infoteinmen tersebut sekaJigus mengetahui Niche overlapnya. Kerangka konsep yang digunakan pada penelitian ini adalah televisi sebagai media massa, iklan, iklan di televisi, teori Niche (celung, ruang hidup) serta konsep spesialis dan generalis. Unit analisis pada penelitian ini adalah tematik yang nantinya akan menurunkan item produk. Item produk tersebut akan digolongkan lagi dalam kategori-kategori produk yang telah ditentukan. Teknik penarikan sample yang digunakan adalah Total Sampling yaitujumlah sampel sarna denganjumlah populasi. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan, yaitu bulan Januari sampai dengan Maret 1999. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan cara perekaman, pengamatan dan pencatatan, sedangkan data sekunder diperoleh melalui wawancara dengan pihak-pihak yang terkait. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus Niche Breatdh dan Niche Overlap sehingga dapat diketahui seberapa besar tingkat kompetisi diantara dua acara tersebut. Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini adalah baik acara Kabar-kabari maupun Cek & Ricek menggunakan pola penggunaan iklan yang bersifat spesialis, artinya kelangsungan hidupnya sangat tergantung pada pemasukan iklan yang sesuai dengan segmentasi dari kedua acara tersebut. Nilai Niche Breadth Kabar-kabari lebih besar daripada acara Cek & Ricek. Sedangkan Niche Overlap atau tingkat kompetisi antara kedua acara infoteinmen tersebut tinggi. Hal ini berarti bahwa kedua acara inteinmen tersebut berimbang dalam memperebutkan iklan. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini adalah bahwa Niche Breadth pada acara Cek & Ricek seharusnya dapat diperluas dan total perolehan iklan pada acara Kabar-kabari dapat lebih ditingkatkan. Sedangkan bagi PT. Shandika Widya Cinema dan RCTI dapat memproduksi dan atau menayangkan program acara seperti Cek & Ricek yang banyak diminati oleh para pemasang iklan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 38/99 Kus k
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING-TELEVISION PROGRAM
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
Wulan Wldyastuti Kusumawardani, 079414287UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Sutarsih Andarini, Dra. , SUUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 15 Jan 2017 22:29
Last Modified: 09 Jun 2017 19:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51098
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item