PENGGUNAAN MEDIA MASSA OLEH MAHASISWA (Studi Korelasi Tingkat Penggunaan Surat Kabar Dengan Bekerja Tidaknya Mabasiswa Di Luar Jam Kuliah Pada Mahasiswa Universitas Airlangga Selama Bulan Maret, April, Dan Mei 1998)

YUNITA KARTIKA SARI, 079314238 (1998) PENGGUNAAN MEDIA MASSA OLEH MAHASISWA (Studi Korelasi Tingkat Penggunaan Surat Kabar Dengan Bekerja Tidaknya Mabasiswa Di Luar Jam Kuliah Pada Mahasiswa Universitas Airlangga Selama Bulan Maret, April, Dan Mei 1998). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 121-98 SAR P.pdf

Download (740kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan akan informasi semakin mendesak sejaJan dengan perkembangan masyarakat yang semakin dinamis. Media massa menjawab pennintaan akan kebutuhan suatu saluran yang relatif cepat menjangkau khaJayak yang luas heterogen dan anonim. Surat kabar sebagai salah satu media massa cetak memuat kurang lebih 9()G1o berita. Mahasiswa sebagai salah satu khalayak pembaca surat kabar membutuhkan informasi untuk mengembangkan daya pikir kritis dan ilmiahnya. Penggunaan surat kabar terutama bergantung pada jumlah uang, dana dan tingkat pendidikan. Peneliti tertarik untuk meneliti apakah ada hubungan antara bekerja tidaknya mahasiswa dengan tingkat penggunaan surat kabar. Bekerja tidaknya mahasiswa mempengaruhi ketersediaan dana dan waktu luang untuk menggunakan surat kabar. Penelitian ini termasuk penelitian korelasional. Berdasarkan tataran analisisnya, jenis penelitian ini adalah peneitian eksplanatory. Populasi penelitian ini adaIah seluruh mabasiswa yang bekerja dan tidak bekerja yang masih terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Airlangga pada saat penelitian ini dilakukan. Karena tidak ada kerangka sampling. Maka sampel diambil secara accidental sebanyak 100 orang mahasiswa yang dibagi dalam dua kelompok yakni mahasiswa yang bekerja dan mahasiswa yang tidak bekerja di luar jam Iruliab. Pengumpulan data dilakukan dengan survei dengan menggunakan kuesioner berisi pertanyaan tertutup dan terbuka. Data yang diperoleh diolah dalam bentuk label frekuensi. diinterpretasi. dianalisis. Selain itu ditambahkan pengamatan langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara tingkat penggunaan surat kabar diukur dari j umlah waktu untuk membaca surat kabar dengan bekerja tidaknya mahasiswa dengan tingkat signifikansi 13,76. Selain itu juga ditemukan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat penggunaan surat kabar diukur dari cara menggunakan sural k:abar dengan bekerja tidaknya mahasiswa dengan tingkat signifikansi 3,84.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 121/98 Sar p
Uncontrolled Keywords: MASS MEDIA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
YUNITA KARTIKA SARI, 079314238UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHenry Subiakto, Drs. , SH, MAUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 15 Jan 2017 22:59
Last Modified: 09 Jun 2017 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51104
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item