BERITA UTAMA DI SURAT KABAR (Studi Analisis Isi tentang Tema Berita Utama di Surat Kabar Surabaya Post selama tahun 1997)

FIFI THOBI'IYAH, 079314127 (1998) BERITA UTAMA DI SURAT KABAR (Studi Analisis Isi tentang Tema Berita Utama di Surat Kabar Surabaya Post selama tahun 1997). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 124-98 THO B.pdf

Download (732kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peneliti tertarik untuk meneliti berita utama karena berita utama merupakan berita yang dianggap paling penting dalam suatu surat kabar. 01eh karena posisinya itu, dalam pemuatannya mendapat perhatian khusus dari redaksi surat kabar. Penyeleksian beritanya harus benar-benar dipertimbangkan baik dari segi tema berita maupun mang lingkupnya secara geografis. Dengan demikian, tujuan dari peneJitian ini adalah untuk mengetahui tema-tema berita utama dan ruang lingkup berita utama secara geografis pada surat kabar Surabaya Post selama tabun 1997 . Alasan dipilihnya Surabaya Post karena Surabaya Post merupakan surat kahar lokal pertama yang terbit di Surabaya dan mempunyai segmen sasaran pembaca yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya (Gerbangkertasusila). Dipilih tabun 1997 karena berdasarkan azas aktualitas semata. Teori yang digunakan adalah teori surat kabar sebagai media informasi dan teori berita utama. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis isi dengan unit analisis tematik. Pengambilan sampel menggunakan sampel sistematik.dan kategorisasi Deutschmann yang diubah sesuai dengan konteks penelitian dan sudah di uji keterhandalannya dengan menggunakan rumus Holsty dan Formula Scott. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa tema berita kegiatan ekonomi mendominasi muatan berita utama di surat kabar Surabaya Post selama 1997, kemudian disusul oleh tema berita politik dan pemerintahan, dan tema perang, pertahanan, dan diplomasi. Untuk ruang lingkup berita utama secara geografis diketahui Berita nasional mendominasi dalam muatan berita utamanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 124/98 Tho b
Uncontrolled Keywords: HEADLINE NEWS, MASS MEDIA
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
FIFI THOBI'IYAH, 079314127UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI MOERDIJATI, Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 15 Jan 2017 23:59
Last Modified: 09 Jun 2017 19:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51120
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item