POLA JARINGAN KOMUNIKASI PETANI PADI (Studi Perbandingan Pola Jaringan Komunikasi terhadap Inovasi Sistem Tabur Benih Langsung (TABELA) di Desa Badas Kecamatan Pare dan Desa Kapi Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri)

WAHYUNINGTYAS, 079213S04 (1998) POLA JARINGAN KOMUNIKASI PETANI PADI (Studi Perbandingan Pola Jaringan Komunikasi terhadap Inovasi Sistem Tabur Benih Langsung (TABELA) di Desa Badas Kecamatan Pare dan Desa Kapi Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS K 125-98 WAH P.pdf

Download (756kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pembangunan sektor pertanian sebagaimana digariskan dalam GBHN tahun 1993 diarahkan untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidup petani. Salah satu upaya peningkatan tersebut, adalah dengan menciptakan sistem tanam cara baru, yaitu sistem tanam tabur benih langsung (Tabela). Dengan sistem ini memungkinkan adanya efesiensi waktu, tenaga kerja, dan biaya proses pertanian. Sistem Tabela merupakan inovasi sehingga akan menimbulkan ketidakpastian bagi penerimanya, sehingga individu penerimanya akan melakukan pencarian informasi dan konfirmasi. Proses pencarian informasi dan konfirmasi 1n1 pada akhirny~ Akan membentuk suatu jaringan komunikasi. Jaringan komunikasi dipengaruhi oleh struktur sosial masyarakatnya, sehingga diasumsikan bahwa jaringan komunikasi pada Buatu sistem akan berbeda satu dengan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pola jaringan komunikasi petani padi di kelompok tani Puji Hakmur, Desa Badas dan kelompok tani Widodo, Desa Kapi. Untuk menganalisisnya digunakan teori Interaksi manusia dalam sistem sosial, Komunikasi dan Hodel komunikasi konvergen, Komunikasi dua tahap, Informasi, inovasi, dan proses keputusan inovasi, Jaringan komunikasi, Jarak spasial dan jarak sosial, serta Stabilitas jaringan komunikasi. Sampel yang diambil sama dengan populasi, yaitu semua anggota kelompok tani Puji Hakmur sebanyak 21 orang dan kelompok tani Widodo sebanyak 24 orang. Unit analisis yang digunakan adalah individu yang dianggap sebagai bagian dari suatu sistem. Data dikumpulkan melalui kuesloner dengan menggunakan pertanyaan sosiometrio Kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode analisis jaringan komunikasi dan menggunakan uji statistik Chi-Square untuk menguji hipotesis', serta tabel silang antar variabel. jaringan yang diperkirakanberkaitan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis K 125/98 Wah p
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION, FARMER
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
S Agriculture > S Agriculture (General) > S439 Agricultural geography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsEmail
WAHYUNINGTYAS, 079213S04UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorYAN YAN CAHYANA, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 16 Jan 2017 02:33
Last Modified: 09 Jun 2017 19:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51122
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item