PENGGUNAAN MODEL BOWER -BERRINGER -WILLIAMSON SEBAGAI ALAT ANALISIS EVALUASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN SUMBER PEMBIAYAAN ANTARA KREDIT BANK ATAU SEWA GUNA USABA (LEASING) DALAM RANGKA INVESTASI MESIN DJ PT. BOMA BISMA INDRA SURABAYA

ERIKA WINDY ASTARI, 040016786 (2004) PENGGUNAAN MODEL BOWER -BERRINGER -WILLIAMSON SEBAGAI ALAT ANALISIS EVALUASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN SUMBER PEMBIAYAAN ANTARA KREDIT BANK ATAU SEWA GUNA USABA (LEASING) DALAM RANGKA INVESTASI MESIN DJ PT. BOMA BISMA INDRA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 269-04 Ast p.pdf

Download (505kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam penanaman barang modal , biasanya menyallgkut dana yang reJatif besar dan disertai ikatan dalam waktu yang panjang. Para pengambiJ keputusan harus mempertimbangkan secara cennat keputusan yang akan diambil karena setiap alternatif mempunyai konsekuensi yang berbeda-beda pada saat pelaksanaannya. Leasing merupakan altematif yang baik bagi perusahaan yang kekurangan modal atau berkeinginan untuk menghemat penggunaan dana tanpa harus kehilangan kesempatan untuk melakukan investasi. Meskipun demikian, pengambil keputusan harus melaksanakan analisis untuk mengetahui untung rugi dari suatu alternatif sumber pembiayaan. Dari hasil analisis tersebut diharapkan akan diketahui altematif mana yang paling menguntungkan dan sesuai dengan tujuan perusahaan. Dalam membiayai barang modalnya, selama ini PT. Boma Bisma Indra cenderung memilih aitematif kredit bank. Perusahaan tidak pernah menggunakan alternatif leasing walaupun beberapa kali telah ada penawaran dari altematif leasing. Perusahaan tidak menggunakan altematif leasing karena menurut perusahaan, leasing kerapkali menawarkan suku bunga yang tinggi, lebih mahal, lebih rumit dan ketat dalam perikatan, sehingga perusahaan cenderung membiayai barang modalnya dengan kredit bank meskipun leasing masih memberi peluang untuk menghasilkan sumber pembiayaan yang lebih murah. Dari uraian di atas p.!nulis mengajukan suatuanalisis penghitungan sewa guna usaha dengan kredit bank sebagai pembandingnya. Analisis tersebut adalah model dari Bower-Herringer-Williamson, yang memisahkan penilaian sewa guna usaha m(;njadi dua, yaitu keuntungan (kerugian) sewa guna usaha dari segi pembelanjaan dan keuntungan (kerugian) sewa guna usaha dari segi operasi. Keulltungan (kerugian) sewa guna usaha dari segi pembelanjaan memperlihatkan selisih nilai tunai dari pembayaran sewa berkala dari sewa guna usaha dengan kredit bank (hutang). Keuntungan (kerugian) sewa guna usaha dari segi operasi akan memperhitungkan selisih biaya operasi dari masing-ntasing sumber pembiayaan. Selisih tersebut tcrletak pada ~nghematan pajak yang bisa diperoleh dari leasing setelah ditandingkan dengan penghematan pajak dari kredi! bank dan juga selisih biaya operasi dari premi asuransi dan pemeliharaan yang diperoleh perusahaan yang dapat dianggap sebagai suatu keuntungan setelah diperhitungkan dengan pajak yang bisa dikenakan terhadap premi asuransi dan pemeliharaan ini. Guna pengambilan keputusan, kedua hasil penilaian sewa guna usaha tersebut dijumlahkan. Apabila menghasilkan net advantage of lease (OWNAD) bernilai positif, maka sewa guna usaha seharusnya diterima, sebaliknya apabila hasil tersebut bemilai negatif maka sewa guna usaha seharusnya ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 269/04 Ast p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: Model Analisa Bower-Herringer-Williamson, keuntungan (kerugian) dari segi pembelanjaan, keuntungan (kerugian) dari segi operasi, net advantage of lease (OWNAD).
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ERIKA WINDY ASTARI, 040016786UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWIWIEK DIANA WATI, Dra. . MSi. AkUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Jan 2017 16:55
Last Modified: 16 Jan 2017 16:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51131
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item